Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, January 29, 2014

Tugu Monas Monumen Nasional

Salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia terutama di Ibu Kota Negara adalah bangunan bersejarah setinggi 132 meter yang dijuluki dengan nama Monumen Nasional yang lebih akrab disebut dengan Monas atau Tugu Monas.

Monumen Nasional (Monas) merupakan kebanggaan bangsa Indonesia, dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 untuk mengenang dan mengabadikan kebesaran perjuangan bangsa Indonesia yang dikenal dengan Revolusi 17 Agustus 1945.

Penyelesaian pembangunan Monas pada tahun 1967. Bangunan bersejarah ini telah menghabiskan dana kurang lebih sebesar Rp. 7.000.000.000,- (tujuh milyar rupiah), Monas dibuka pada tanggal 12 Juni 1975 oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin. Ketinggian Monas mencapai 132 meter.

Tugu Monas Monumen Nasional

Monumen nasional yang terkenal dengan sebutan Tugu Monas beralamat di Jalan Lapangan Monas Jakarta Pusat. Bentuk dan tata letak yang sangat menarik memungkinkan pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan sejuk yang mempesona, berupa taman di mana terdapat pohon dari berbagai propinsi di Indonesia.

Kolam air mancur yang terdapat di pintu masuk membuat taman menjadi lebih sejuk, ditambah dengan pesona air mancur bergoyang. Di dekat pintu masuk menuju pelataran Monas juga tampak megah berdiri patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kuda, patung yang terbuat dari perunggu seberat 8 ton yang dikerjakan oleh pemahat Italia, Prof. Coberlato sebagai sumbangan konsulat Jenderal Honeres Dr. Mario di Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Tugu Monas Monumen Nasional

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar