Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, January 30, 2014

Unsur Unsur Tabung Kerucut Bola

Unsur Unsur Tabung Kerucut Bola - Dalam ilmu matematika dikenal bangun ruang yang di antaranya adalah tabung, kerucut, dan bola. Berikut ini Unsur Unsur bangun ruang Tabung, Kerucut, dan Bola.

Tabung
Tabung dibatasi oleh sebuah sisi lengkung dan dua sisi berbentuk lingkaran yang kongruen. Dua sisi yang kongruen itu merupakan sisi atas dan sisi alas (bidang alas). Dengan demikian tabung mempunyai 2 sisi datar (alas dan atas), 1 sisi lengkung, dan 2 rusuk lengkung; tetapi tidak mempunyai diagonal sisi maupun diagonal ruang.

Sisi tabung yang berbentuk sisi lengkung disebut selimut tabung. Jarak antara sisi alas dan sisi
atas disebut tinggi tabung (t) dan jari-jari sisi alas merupakan jari-jari tabung (r).

Unsur Unsur Tabung Kerucut Bola

Kerucut
Kerucut dibatasi oleh sisi lengkung dan sisi alas yang berbentuk lingkaran. Pada kerucut, sisi tegaknya berbentuk selubung dan rusuknya berbentuk garis lengkung. Kerucut mempunyai satu sisi lengkung, satu sisi alas, dan satu rusuk lengkung.

Garis pelukis (s) pada kerucut merupakan garis lurus yang dapat dibuat dari titik puncak T ke rusuk lengkung (k). Jarak titik puncak T ke bidang alas disebut tinggi kerucut (t). Jika titik puncak T diproyeksikan terhadap alas dan berimpit dengan titik pusat alas, maka kerucut itu disebut kerucut
tegak.

Bola
Bola hanya dibatasi oleh satu bidang lengkung dan jarak bidang lengkung terhadap suatu titik tertentu selalu sama. Titik tertentu pada bola disebut pusat bola. Jarak antara pusat bola dengan bidang lengkung disebut jari-jari. Tali busur yang melalui pusat bola disebut diameter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Unsur Unsur Tabung Kerucut Bola

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar