Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Sunday, April 20, 2014

Contoh Naskah Pidato Menghadapi Globalisasi Zaman

Assalamualaikum, WR. WB.
Bismilah, Alhamdulillah, Lakhaulawalaquwatailla billah.

Puji syukur alhamdulillah, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada Allah SWT, dan karena ridho dan berkat-Nya lah kita dapat menghadiri lomba pidato ini.

Sholawat dan salam Allah semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari alam kegelapan ke dalam dunia yang terang benderang sekarang ini.

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia.

Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan sebuah pidato tentang Cara Menghadapi dan Mensikapi Globalisasi Zaman.

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia.

Globalisasi, sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Saat ini dunia kita berada pada era globalisasi. Kita sering mendengar itu. Globalisasi adalah proses transformasi fenomena lokal atau regional menjadi fenomena global atau internasional. Proses ini merupakan kombinasi dari ekonomi, teknologi, sosial budaya, dan politik. Dengan kata lain, setiap negara dapat mempengaruhi negara-negara lain. Istilah ini mengacu pada fakta bahwa orang-orang yang dianggap hidup di planet ini tanpa batasan . Orang-orang dapat mengakses setiap jenis informasi dengan mudah. Tidak ada kesulitan untuk berkomunikasi, tidak ada hambatan untuk berinteraksi dengan orang lain dari seluruh dunia.

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia

Globalisasi memiliki berbagai aspek yang mempengaruhi dunia, seperti dalam bidang industri,
keuangan, ekonomi, politik, teknologi, dan sosial budaya. Jika negara kita ingin bertahan di era globalisasi ini, kita harus menjadi orang-orang pintar. Kita harus mengambil semua efek positif dari globalisasi dan kita harus membuang jauh-jauh efek negatifnya.

Kita perlu mengadopsi dan belajar teknologi tinggi dari negara maju untuk kemajuan pembangunan dan pengembangan negara kita. Sebaliknya, kita tidak harus meniru sikap buruk atau perilaku dari negara lain seperti seks bebas dan penyalahgunaan narkoba.

Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia

Ini adalah fakta bahwa ada banyak tantangan di era globalisasi. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa
globalisasi berhubungan erat dengan persaingan dan kemampuan untuk bertahan hidup. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globalisasi?


Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia


Yang harus kita lakukan untuk menghadapai globalilasi adalah:

  1. Kita harus membangun dan memperkuat karakter yang baik berdasarkan agama. Jika kita beragama Islam, panduan hidup kita adalah Al Qur'an dan Hadist Nabi.
  2. Kita harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membangun negara kita.
  3. Yang terakhir, kita harus selalu siap menghadapi setiap jenis perubahan dan persaingan dengan mempersiapkan dan meningkatkan keterampilan kita.
Dewan juri yang saya hormati dan teman-teman yang berbahagia

Untuk mengakhiri pidato ini, saya mengajak kepada semuanya untuk berpegang teguh pada agama dan adat ketimuran kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari agar tidak terpengaruh terhadap dampak negatif globalisasi.

Sekian pidato saya, mudah-mudahan bermanfaat, Wallahul muafiq illa akwamithoriq, Wassalamualaikum WR. WR.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Contoh Naskah Pidato Menghadapi Globalisasi Zaman

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar