Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, April 17, 2014

Poliuria, Oligouria, dan Anuria Gangguan pada Ginjal

Poliuria, Oligouria, dan Anuria Gangguan pada Ginjal - Poliuria, Oligouria, dan Anuria merupakan gangguan pada ginjal sebagai sistem ekskresi pada manusia di samping batu ginjal, nefritis, dan diabetes. Penyakit dan kelainan pada ginjal kita harus kita waspadai, karena akibatnya sangat fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Menjaga pola makan dan berhati-hati dalam memilih atau selektif terhadap jenis makanan yang kita konsumsi akan dapat membantu ginjal kita agar tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik untuk membantu menjaga kesehatan kita.

Poliuria dan Oligouria

Poliuria adalah gangguan pada ginjal, dimana urine dikeluarkan sangat banyak dan encer. Sedangkan, oligouria adalah urine yang dihasilkan sangat sedikit.

Anuria

Anuria adalah kegagalan ginjal sehingga tidak dapat membuat urine. Hal ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada glomerulus. Akibatnya, proses filtrasi tidak dapat dilakukan dan tidak ada urine yang dihasilkan.

Sebagai akibat terjadinya anuria, maka akan timbul gangguan keseimbangan di dalam tubuh. Misalnya, penumpukan cairan, elektrolit, dan sisa-sisa metabolisme tubuh yang seharusnya keluar bersama urine. Keadaan inilah yang akan memberikan gambaran klinis daripada anuria.

Tindakan pencegahan anuria sangat penting untuk dilakukan. Misalnya, pada keadaan yang  memungkinkan terjadinya anuria tinggi, pemberian cairan untuk tubuh harus selalu diusahakan sebelum anuria terjadi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Poliuria, Oligouria, dan Anuria Gangguan pada Ginjal

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar