Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, May 14, 2014

Apa Perbedaan Raflesia dengan Bunga Bangkai?

Apa Perbedaan Raflesia dengan Bunga Bangkai? - Masih banyak orang yang salah menafsirkan tentang bunga raflesia dan bunga bangkai. Kebanyakan orang mengira bahwa raflesia sama dengan bunga bangkai karena keduanya memiliki ciri khas, yaitu bunganya mengeluarkan bau busuk seperti bau bangkai atau daging busuk. Kedua bunga ini sebenernya sangat berbeda, baik dari bentuk, struktur tanamannya, habitatnya, dan asal usulnya. Memang kedua bunga ini memiliki ciri khas yang sama, yaitu baunya yang menyengat sebagai adaptasi untuk membantu proses penyerbukannya untuk kebutuhan perkembangbiakannya.

Apa sebenarnya bunga raflesia dan bunga bangkai itu? Berikut ini perbedaan antara bunga raflesia dengan bunga bangkai:

Apa Perbedaan Raflesia dengan Bunga Bangkai?
Perbedaan Raflesia dan Bunga Bangkai
Sumber: wikipedia




  1. Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit yang ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu. Sedangkan Bunga bangkai atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif), Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia.
  2. Raflesia dari suku atau famili vitaceae, sedangkan bunga bangkai dari suku atau famili araceae.
  3. Raflesia tidak memiliki batang dan daun, sedangkan bunga bangkai memiliki dua fase dalam kehidupannya yang muncul secara bergantian, fase vegetatif dan fase generatif. Pada fase vegetatif muncul daun dan batang semunya. Tingginya dapat mencapai 6m. Setelah beberapa waktu (tahun), organ vegetatif ini layu dan umbinya dorman. Apabila cadangan makanan di umbi mencukupi dan lingkungan mendukung, bunga majemuknya akan muncul. Apabila cadangan makanan kurang tumbuh kembali daunnya.
  4. Raflesia memiliki lebar bunga lebih dari 100 cm, sedangkan bunga bangkai lebarnya 50-70 cm dengan tinggi dapat mencapai 6 meter.
  5.  Rafflesia arnoldii mempunyai bunga tunggal terbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga, sedangkan bunga bangkai dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa Perbedaan Raflesia dengan Bunga Bangkai?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar