Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Saturday, May 17, 2014

Apa saja Hewan yang Terdapat di Indonesia Bagian Timur?

Apa saja Hewan yang Terdapat di Indonesia Bagian Timur? - Keanekaragaman fauna di Indonesia secara langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh keadaan floranya. Luasnya wilayah dan sejarah geologi yang panjang menempatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan fauna yang patut dibanggakan. Berdasarkan penelitian, 17% jenis burung dunia, 16% jenis reptil dunia, dan 12% jenis mamalia dunia dapat dijumpai di Indonesia. Angka-angka tersebut belum termasuk fauna endemik, diperkirakan 200 dari 515 jenis mamalia di Indonesia adalah jenis mamalia endemik, demikian pula 430 dari 1.519 jenis burung yang ada.

Berikut ini contoh hewan atau fauna yang terdapat atau hidup di Indonesia Bagian Timur. Hewan atau Fauna Indonesia bagian Timur adalah jenis fauna yang terdapat di Pulau:
  1. Papua
  2. Kepulauan Aru, dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.
Sebelumnya pulau-pulau tersebut merupakan satu kesatuan dengan Benua Australia sehingga flora dan faunanya dapat berkembang dan berpencar secara bebas. Ketika Papua dan beberapa pulau lainnya terpisah dari Benua Australia, maka daerah-daerah tersebut membawa perwakilan jenis flora dan fauna yang sama. Oleh karena itu, jenis fauna di wilayah Indonesia bagian Timur disebut juga dengan jenis fauna Australis.

Karakteristik fauna di wilayah Indonesia Timur berbeda dengan karakteristik fauna di Indonesia bagian tengah. Perbedaan wilayah ini dibatasi oleh garis khayal yang dikenal dengan sebutan garis Webber.

Beberapa ciri fauna Australis, antara lain:
  1. memiliki jenis mamalia berukuran kecil
  2. hanya memiliki satu jenis kera
  3. terdapat jenis hewan berkantung
  4. banyak terdapat jenis burung berbulu indah
  5. sedikit jenis ikan air tawar.
Beberapa jenis fauna endemik di wilayah Indonesia bagian Timur, antara lain:
  1. burung cendrawasih
  2. burung kasuari
  3. burung kakak tua
  4. kanguru
  5. walaby
  6. kadal salamander
  7. possum
Pembagian wilayah flora dan fauna oleh garis Wallacea dan Webber tersebut didasarkan pada kesamaan sifat makhluk hidup dan sejarah geologi yang memengaruhi persebarannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa saja Hewan yang Terdapat di Indonesia Bagian Timur?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar