Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Sunday, May 11, 2014

Bagaimana Peran Generasi Muda dalam Mempertahankan Budaya Masyarakat?

Bagaimana Peran Generasi Muda dalam Mempertahankan Budaya Masyarakat? - sebuah pertanyaan yang mendasar dan penting di jaman sekarang ini. Bagaimana peran generasi muda dalam dalam mempertahankan budaya yang ada di masyarakat? Bagaimana sikap generasi muda terhadap perkembangan budaya saat ini? Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dan tidak dapat dibendung. Ini sangat mempengaruhi budaya masyarakat Indonesia. Kita sebagai generasi muda harus berperan aktif dalam mempertahankan budaya masyarakat kita yang santun.

Dalam upaya mempertahankan budaya kita dari pengaruh zaman, generasi muda harus memiliki dasar kecintaan terhadap budaya Indonesia. Memang pengaruh budaya asing sangatlah kuat, haya hidup modern yang serba instan dan bebas terus-menerus menyerang bangsa kita, khususnya generasi muda yang sedang dalam masa menemukan jati dirinya.

Peran generasi muda dalam mempertahankan budaya masyarakat Indonesia adalah:

  1. belajar yang rajin di sekolah untuk meningkatkan kompetensi diri.
  2. tetap aktif ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan, misalnya gotong-royong membersihkan lingkungan.
  3. ikut serta dalam usaha menjaga keamanan lingkungan dengan siskamling.
  4. dalam kehidupan masyarakat Jawa, bahasa kromo/alus harus tetap digunakan, apalagi dalam berbicara dengan orang yang lebih tua.
  5. turut aktif menjaga kesenian daerah dan lagu-lagu daerah dengan mengajarkannya kepada adik-adiknya ketika sedang bermain bersama.
  6. berperilaku santun dalam pergaulan sehari-hari.
  7. menggunakan kata-kata santun dalam berbicara sehari-hari.
  8.  mengajak teman-temannya yang telah terlajur dalam pergaulan bebas agar mentaati norma-norma agama dan susila.
Dalam menyikapi perkembangan budaya saat ini, generasi muda harus bisa menyaring budaya barat, mana yang berguna dan bermanfaat diambil dan yang tidak bermanfaat dan tidak sesuai dengan adat ketimuran dibuang jauh-juah.

Menghadapi perkembangan budaya saat ini, generasi mudatidak harus anti, karena perkembangan budaya tersebut tidak bisa dibendung. Sebagai generasi muda harus memiliki sifat terbuka, namun tetap harus bisa menyaring perkembangan budaya tersebut, hubungkan dengan norma susila dan agama kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Bagaimana Peran Generasi Muda dalam Mempertahankan Budaya Masyarakat?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar