Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Saturday, May 17, 2014

Sebutkan Fungsi Ideologi bagi Suatu Negara!

Sebutkan Fungsi Ideologi bagi Suatu Negara! - Setiap negara di dunia ini memiliki ideologi sebagai pandangan hidup rakyatnya, sebagai haluan dalam menjalankan peri kehidupan masyarakatnya, dan sebagai norma dalam kehidupan bangsanya. Ideologi bagi suatu negara memiliki arti yang sangat penting. Pentingnya ideologi bagi suatu negara bisa kita lihat dari beberapa fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi ideologi bagi suatu negara, yaitu:
  1. Membentuk identitas atau ciri kelompok atau bangsa.
  2. Ideologi berfungsi mempersatukan sesama kita. Apabila dibandingkan dengan agama, agama berfungsi juga mempersatukan orang dari berbagai pandangan hidup bahkan dari berbagai ideologi. Sebaliknya ideologi mempersatukan orang dari berbagai agama.
  3. Ideologi juga berfungsi untuk mengatasi berbagai pertentangan (konflik) atau ketegangan sosial.
  4. Ideologi berfungsi sebagai pembentuk solidaritas (rasa kebersamaan) dengan mengangkat berbagai perbedaan ke dalam tata nilai yang lebih tinggi.
  5. Ideologi berfungsi sebagai pemersatu, yaitu dilakukan dengan memenyatukan keseragaman ataupun keanekaragaman.
Kemerdekaan negara-negara dunia ketiga, baik yang ada di Asia, Afrika maupun Amerika Latin yang pada umumnya cukup lama berada di bawah cengkeraman penjajahan negara lain, ideologi dimaknai sebagai keseluruhan pandangan, cita-cita, nilai, dan keyakinan yang ingin mereka wujudkan dalam kenyataan hidup yang nyata.

Ideologi dalam meraih kemerdekaan suatu negara sangat diperlukan, karena mampu membangkitkan kesadaran akan kemerdekaan, memberikan arahan mengenai dunia beserta isinya, serta menanamkan semangat dalam perjuangan masyarakat untuk bergerak melawan penjajahan, yang selanjutnya mewujudkannya dalam kehidupan penyelenggaraan negara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Fungsi Ideologi bagi Suatu Negara!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar