Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, June 12, 2014

Sebutkan Contoh Kegiatan Manusia yang Tinggal di Daerah Pantai

Sebutkan Contoh Kegiatan Manusia yang Tinggal di Daerah Pantai - Kegiatan usaha yang dilakukan manusia berbeda-beda di setiap daerah, tergantung pada topografinya, yaitu datar atau landainya suatu daerah. Kegiatan manusia di daerah pantai berbeda dengan daerah datar atau pegunungan.

Manusia yang tinggal di daerah pantai belum tentu bermata pencaharian sebagai nelayan. Kondisi fisik pantai juga sangat mempengaruhi kegiatan mereka. Meskipun tidak semuanya sebagai nelayan, namun kebanyakan atau mayoritas penduduk daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan.

Kegiatan manusia yang tinggal di daerah pantai sangat erat hubungannya dengan kegiatan yang berupa perikanan atau kelautan.

Berikut ini contoh kegiatan manusia yang tinggal di daerah pantai, antara lain:

Sebutkan Contoh Kegiatan Manusia yang Tinggal di Daerah Pantai
  1. Usaha-usaha nelayan dalam menangkap ikan, termasuk di dalamnya usaha pembuatan dan perbaikan jaring, pancing, dan usaha bengkel perahu nelayan.
  2. Pembuatan tambak-tambak untuk budidaya ikan bandeng dan udang, di daerah payau, seperti misalnya di daerah pemalang dan pekalongan.
  3. Pembuatan tambak-tambak untuk menghasilkan garam, sepeti misalnya di pulau Madura yang terkenal akan hasil garamnya.
  4. Di daerah pantai yang ombaknya tidak terlalu tinggi maka dilakukan budidaya mutiara dan rumput laut.
  5. Dalam bidang pertanian, dilakukan budidaya perkebunan kelapa dan pengolahan sawah pasang surut.
  6. Di beberapa wilayah pantai, telah difungsikan sebagai objek wisata, sehingga membuka peluang pengembangan sektor perdagangan dan jasa. Seperti misalnya di desa Suwuk Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen.
Kegiatan yang dilakukan di daerah pantai tidak hanya dilakukan oleh masyarakat setempat, namun banyak juga yang datang dari daerah datar dan pegunungan, biasanya mereka ke pantai yang dijadikan obyek wisata untuk berdagang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Contoh Kegiatan Manusia yang Tinggal di Daerah Pantai

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar