Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, June 5, 2014

Siapakah yang Menemukan Istilah Pancasila Pertama Kali

Siapa yang menemukan istilah Pancasila pertama kali? - Sukarno Sebagai Penemu Pertama Istilah Pancasila - Sidang BPUPKI sudah berjalan dua hari. Masing-masing anggota sidang sudah tampil dengan pidato-pidatonya mengajukan usulan tentang dasar-dasar negara Indonesia yang akan didirikan. Namun demikian seluruh anggota sidang merasa belum menemukan hal-hal yang pantas disepakati untuk dijadikan sebagai dasar negara.

Setelah tampilnya Muh. Yamin, Supomo, dan Sukarno barulah ketua BPUPKI menghentikan sidang. Penghentian sidang tersebut dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Kecil yang bertugas untuk merumuskan dasar negara. Antara Supomo, Muh. Yamin, dan Sukarno, sama-sama mengusulkan lima dasar negara. Namun demikian, yang diusulkan oleh masingmasing berbeda satu dengan yang lain.

Sebutkan rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Supomo! Rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Supomo adalah sebagai berikut:
  1. Persatuan
  2. Kekeluargaan
  3. Keseimbangan lahir dan batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan rakyat
Sebutkan rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Muh. Yamin! Rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Muh. Yamin adalah sebagai berikut:
  1. Peri Kebangsaan
  2. Peri Kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri Kerakyatan
  5. Kesejahteraan rakyat
Sebutkan rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Sukarno! Rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Sukarno adalah sebagai berikut:
  1. Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme
  2. Peri Kemanusiaan (Internasionalisme)
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan Sosial
  5. Ketuhanan yang Maha Esa
Lima dasar tersebut oleh Sukarno kemudian disebut sebagai Pancasila. Panca berarti lima, sedangkan sila berarti asas atau dasar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Siapakah yang Menemukan Istilah Pancasila Pertama Kali

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar