Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, August 6, 2014

Sebutkan Dampak Pertumbuhan Penduduk Indonesia dan Penanggulangannya

Sebutkan Dampak Pertumbuhan Penduduk Indonesia dan Penanggulangannya - Seperti halnya negara-negara berkembang pada umumnya, negara kita senantiasa mengalami peningkatan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Hal ini berarti Indonesia mengalami laju pertumbuhan penduduk. Namun, jika diperhatikan, laju pertumbuhan penduduk Indonesia dari periode ke periode cenderung mengalami penurunan.

Berikut ini laju pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun 1961 hingga tahun 2000 yang diperoleh dari Kumpulan Data Kependudukan - BKKBN Tahun 2001:
  1. Tahun 1961 - 1971 2,10%
  2. Tahun 1971 - 1980 2,32%
  3. Tahun 1980 - 1990 1,97%
  4. Tahun 1990 - 2000 1,35%
Permasalahan kependudukan yang ditimbulkan dari pertumbuhan penduduk memiliki kesamaan dengan permasalahan yang ditimbulkan dari banyaknya jumlah penduduk.

Berikut ini Upaya Penanggulangan dari Dampak Pertumbuhan Penduduk Indonesia. Adapun usaha-usaha yang dilakukan pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan penduduk antara lain meliputi hal-hal berikut ini:
  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan dan kemudahan dalam menjadi akseptor Keluarga Berencana.
  2. Mempermudah dan meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan, sehingga keinginan untuk segera menikah dapat dihambat.
  3. Meningkatkan wajib belajar pendidikan dasar bagi masyarakat, dari 6 tahun menjadi 9 tahun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Dampak Pertumbuhan Penduduk Indonesia dan Penanggulangannya

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar