Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, August 7, 2014

Sebutkan Faktor yang Mempengaruhi Masalah Kualitas Penduduk Indonesia

Sebutkan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masalah Kualitas atau Mutu Penduduk di Indonesia secara umum - Setiap negara pasti memiliki permasalahan tentang kependudukan yang salah satunya adalah kualitas penduduknya. Hal itu tidak terkecuali dengan negara kita Indonesia.

Masalah kependudukan di Indonesia dalam hal kualitas adalah masalah kependudukan dalam hal kualitas atau mutu kehidupan dan kemampuan sumber daya manusianya (SDM). Di Indonesia, masalah kualitas penduduk yang terjadi, antara lain, dipengaruhi oleh:
  1. masih rendahnya tingkat pendidikan
  2. masih rendahnya kualitas SDM (sumber daya manusia)
  3. masih rendahnya tingkat kesehatan
Sehingga kesemuanya itu pada akhirnya mengarah pada rendahnya pendapatan perkapita masyarakatnya.

1. Masalah Pendidikan di Indonesia

Pendidikan merupakan salah satu indikator kualitas penduduk. Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dicapai, maka semakin tinggi pula kualitas sumber daya manusia yang dimiliki.

Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sebab rendahnya tingkat pendidikan.

2. Masalah Kesehatan di Indonesia

Tingkat kesehatan merupakan salah satu indikator kualitas penduduk suatu negara. Dalam hal ini, tingkat kesehatan dapat diindikasikan dari angka kematian bayi, angka kematian ibu melahirkan, ketercukupan gizi makanan, dan usia harapan hidup.

PIN (Pekan Imunisasi Nasional) adalah merupakan bentuk pemerataan kesehatan yang didukung oleh badan kesehatan dunia (WHO=World Health Organization).

Di antara negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara, negara yang memiliki angka harapan hidup tertinggi adalah Singapura yaitu sekitar 79 tahun. Negara-negara lain yang memiliki usia harapan hidup tinggi di antaranya adalah negara-negara Eropa Barat, Jepang, Australia dan Amerika Serikat.

3. Rendahnya Pendapatan Perkapita

Pendapatan perkapita adalah banyaknya pendapatan kotor nasional dalam satu tahun dibagi jumlah penduduk. Pendapatan perkapita mencerminkan tingkat kemakmuran suatu negara.

Penduduk merupakan subjek sekaligus objek pembangunan dalam suatu negara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Faktor yang Mempengaruhi Masalah Kualitas Penduduk Indonesia

2 comments

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar