Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, September 25, 2014

Sebutkan 3 Bentuk Perubahan Sosial yang Dapat Terjadi dalam Masyarakat Menurut Soekanto

Sebutkan 3 Bentuk Perubahan Sosial yang Dapat Terjadi dalam Masyarakat Menurut Soekanto - Kehidupan masyarakat dari dahulu hingga sekarang tidak terlepas dari adanya perubahan sosial. Perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat terjadi dalam segala bidang kehidupan yang wujudnya dapat dibagi menjadi beberapa bentuk. Bentuk-bentuk perubahan sosial tersebut menurut Soekanto adalah sebagai berikut:

1. Bentuk Perubahan Sosial yang Terjadi Secara Lambat dan Perubahan yang Terjadi Secara Cepat

Perubahan terjadi secara lambat akan mengalami rentetan perubahan yang saling berhubungan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Perubahan sosial yang terjadi secara cepat mengubah dasar atau sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat, perubahan itu dinamakan revolusi.

2. Bentuk Perubahan Sosial yang Pengaruhnya Kecil dan Perubahan yang Pengaruhnya Besar

Perubahan yang pengaruhnya kecil adalah perubahan yang memengaruhi unsur-unsur kehidupan masyarakat. Akan tetapi, perubahan ini dianggap tidak memiliki arti yang penting dalam struktur sosial. Contohnya, perubahan mode pakaian yang tidak melanggar nilai sosial.

Perubahan yang pengaruhnya besar adalah perubahan yang dapat memengaruhi lembaga-lembaga yang ada pada masyarakat. Misalnya, perubahan sistem pemerintahan yang memengaruhi tatanan kenegaraan suatu bangsa.

3. Bentuk Perubahan Sosial yang Dikehendaki dan Perubahan yang Tidak Dikehendaki

Perubahan yang dikehendaki merupakan perubahan yang memang telah direncanakan sebelumnya terutama oleh pihak yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan kebijaksanaan.

Perubahan yang tidak dikehendaki umumnya beriringan dengan perubahan yang dikehendaki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan 3 Bentuk Perubahan Sosial yang Dapat Terjadi dalam Masyarakat Menurut Soekanto

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar