Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, September 24, 2014

Siapakah Orang Pertama yang Menemukan Istilah Pancasila

Siapakah Orang Pertama yang Menemukan Istilah Pancasila? - Tokoh pejuang yang pertama sekali menemukan istilah pancasial adalah Sukarno atau yang dikenal dengan sebutan Bung Karno. Kapan istilah Pancasila muncul pertama kali? Istilah Pancasila muncul pertama kali dalam pidato Sukarno di hadapan sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 1 Juni 1945.

Berikut ini biodata Sukarno dan peranannya dalam proses perumusan pancasila:

Sukarno lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901. Sebenarnya Sukarno termasuk keturunan bangsawan dan punya gelar insinyur (Ir.). Akan tetapi beliau tidak suka menonjolkan kebangsawanannya ataupun gelar insinyurnya. Beliau lebih senang dipanggil Bung Karno, dan panggilan tersebut hingga sekarang masih melekat di hati bangsa Indonesia.

Hal-hal yang perlu diketahui dari Sukarno antara lain, beliau sebagai orang terpelajar. Selain itu beliau juga pejuang, dan pecinta tanah air yang tulen dan sejati.

Perjalanan pendidikan Sukarno antara lain:
  1. ELS (SD zaman Belanda)
  2. MULO (tingkat SMP zaman Belanda)
  3. HBS (setingkat SMA)
  4. THS di Bandung (tingkat Perguruan Tinggi dan sekarang menjadi ITB (Institut Teknologi Bandung).
Dari pendidikan terakhir inilah beliau mendapat gelar Ir. (Insinyur). zaman Belanda), Indonesia sebagai bangsa yang dapat menentukan nasib sendiri itulah maka pada masa perjuangannya beliau sering keluar masuk penjara. Bahkan beliau juga pernah dibuang ke Digul (sebuah kawasan di wilayah Papua). Akan tetapi beliau tidak pernah menyerah dalam berjuang. Beliau tetap berjuang dan berjuang demi terwujudnya cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dalam kaitannya dengan proses perumusan Pancasila. Beliau orang pertama yang menemukan istilah Pancasila. Istilah tersebut muncul dalam pidatonya di hadapan sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 1 Juni 1945. Tanggal 1 Juni ini, dikenang sebagai hari lahirnya Pancasila.

Masih kaitannya dengan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, beliau juga sebagai ketua Panitia Sembilan. Tim kecil ini, tugasnya adalah merumuskan dasar negara sesudah berakhirnya sidang pertama BPUPKI. Panitia Kecil ini pula yang akhirnya melahirkan rumusan Pancasila Piagam Jakarta (Djakarta Charter).

Ketika tugas-tugas BPUPKI selesai (dan BPUPKI dibubarkan) untuk diganti dengan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) beliau juga menjadi ketua PPKI. Beliau juga diminta oleh tokoh-tokoh Indonesia pada waktu itu untuk segera mengumandangkan Kemerdekaan Negara Indonesia. Akhirnya, hari Jum’at, bulan Ramadhan, bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10.00 beliau bertindak atas nama bangsa Indonesia (bersama Moh. Hatta) memproklamirkan kemerdekaan Negara Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Siapakah Orang Pertama yang Menemukan Istilah Pancasila

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar