Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, October 29, 2014

Apa Saja yang Harus Dilakukan dalam Promosi Produk Ekspor ke Jepang?

Apa Saja yang Harus Dilakukan dalam Promosi Produk Ekspor ke Jepang? - Persaiangan ekspor produk ke Jepang sangat ketat, oleh karena itu harus menggunakan kiat khusus agar dapat menembus pasar Jepang. Negara pesaing ekspor ke Jepang sangat banyak, misalnya China, Vietnam, Thailand, Malaysia dan beberapa negara lainnya aktif mempromosikan produk-produknya dengan mengirim langsung catalog dan contoh produk kepada para importer di Jepang, di samping itu mereka aktif pula mengikuti pameran-pameran dagang di Jepang.

Kelemahan pengusaha Indonesia adalah bahwa cara seperti di atas bagi pengusaha Indonesia belum banyak dilakukan untuk menembus pasar ekspor Jepang.

Bagaimana Cara Mempromosikan Produk Ekspor ke Jepang?

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengusaha Indonesia berkaitan dengan kegiatan promosi produk ekspor ke Jepang:
  1. Para pengusaha Indonesia khususnya pengusaha UKM atau usaha kecil menengah agar menghubungi BPEN Depperindag dan Kantor Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di daerah. Beberapa kegiatan pameran di luar negeri bisanya mendapatkan subsidi dari dana daerah walaupun tidak besar namun dapat meringankan beban pengusaha di sektor UKM atau usaha kecil menengah.
  2. Para pengusaha Indonesia harus berani mengeluarkan biaya untuk membuat sekaligus mengirim katalog dan contoh produk kepada para importer terkait di Jepang. Informasi mengenai para importer dan informasi yang diperlukan lainnya dapat menghubungi KBRI Tokyo cq. Bidang Perindustrian dan Perdagangan.
  3. Akan lebih efektif apabila leaflet atau katalog dengan penampilan yang menarik dibuat dalam bahasa Jepang. Untuk membuat katalog dalam bahasa Jepang, saat ini relatif mudah di sejumlah percetakan di Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa Saja yang Harus Dilakukan dalam Promosi Produk Ekspor ke Jepang?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar