Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, October 30, 2014

Apa yang Harus Dilakukan dalam Menghadapi Kelangkaan Barang Kebutuhan?

Apa yang Harus Dilakukan dalam Menghadapi Kelangkaan Barang Kebutuhan? - Kelangkaan barang kebutuhan di pasaran menjadi masalah serius dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dibutuhkan tidak dapat dipenuhi karena adanya kelangkaan barang kebutuhan. Biasanya barang kebutuhan pokok seperti sembako juga dapat mengalami kelangkaan.

Bagaimanakah cara kita menghadapi kelangkaan sumber daya tersebut, sedangkan kebutuhan kita semakin banyak?
Apa yang harus kita lakukan?

Suatu barang atau jasa dihasilkan dari perpaduan sumber daya yang langka maka barang dan jasa pun manjadi langka. Barang dan jasa menjadi langka ketika jumlah barang dan jasa yang diminta melebihi jumlah barang dan jasa yang tersedia. Semua kebutuhan manusia tidak mungkin dapat terpenuhi seluruhnya. Seorang yang mempunyai kebutuhan akan mobil mewah, rumah megah serta kebutuhan lain, tidak semua kebutuhan itu dapat terpenuhi.

Bagaimana Cara menghadapi Kelangkaan Barang Kebutuhan? Caranya adalah:
  1. dengan pertimbangan bahwa tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi
  2. seseorang harus selalu membuat pilihan
  3. dalam membuat pilihan akan suatu barang tertentu, kita akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh barang yang lain
  4. kita harus dapat menentukan prioritas kebutuhan.

Kita hendaknya dapat memprioritaskan, barang apa saja yang mendesak dan harus kita dapatkan terlebih dahulu ketimbang barang lainnya. Misalnya seorang siswa yang membuat pilihan pada sepeda motor yang baru, maka ia akan kehilangan kesempatan untuk memperoleh sepatu baru, tas baru, baju baru, komputer baru, maupun kebutuhan yang lain.

Masalah kelangkaan bukan merupakan hal yang baru. Hal tersebut beralasan karena kelangkaan merupakan masalah yang mendasar bagi setiap manusia. Dalam ilmu ekonomi terdapat istilah prinsip ekonomi yaitu suatu dasar bertindak dan berpikir secara ekonomis, dengan pengorbanan tertentu dicapai hasil yang maksimal. Sedangkan tindakan ekonomi adalah tindakan untuk memilih berbagai alternatif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa yang Harus Dilakukan dalam Menghadapi Kelangkaan Barang Kebutuhan?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar