Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Sunday, October 26, 2014

Faktor Apa Saja yang Dapat Mempengaruhi Kebutuhan Manusia?

Faktor Apa Saja yang Dapat Mempengaruhi Kebutuhan Manusia? - Kebutuhan manusia sangat dipengaruhi oleh lingkungan, yaitu keadaan alam di sekitar kita. Kebutuhan manusia juga dipengaruhi oleh peradaban manusia itu sendiri.

Berikut ini 2 faktor yang memengaruhi kebutuhan manusia:

1. Faktor Keadaan Alam dapat mempengaruhi kebutuhan manusia

Beda tempat tinggal beda pula kebutuhan manusianya. Misalnya, orang yang tinggal di daerah kutub yang luar biasa dingin membutuhkan pakaian tebal untuk menahan hawa dingin yang serasa menggigit tulang. Sedangkan orang yang tinggal di daerah tropis cukup memakai pakaian relatif lebih tipis.

Keadaan alam mendorong manusia membutuhkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang bersangkutan. Kebutuhan orang yang tinggal di daerah pegunungan dengan kebutuhan orang yang tinggal di daerah pantai pasti berbeda. Mereka memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk menunjang hidupnya.

2. Faktor Peradaban dapat mempengaruhi kebutuhan manusia

Perkembangan zaman sangat berpengaruh pada kebutuhan manusia. Makin tinggi peradaban, makin tinggi pula kualitas barang yang dibutuhkan. Kebutuhan manusia pada masa primitif zaman dulu akan berbeda dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang sudah mengenal peradaban yang lebih tinggi.

Kebutuhan masyarakat primitif lebih menekankan kebutuhan primer, kebutuhan itupun dipenuhi secara sederhana. Untuk makanan misalnya, mereka hanya tinggal memungut dari hutan atau sekitar tempat tinggalnya.

Sedangkan kebutuhan masyarakat sekarang ini lebih komplek dan sangat dipengaruhi oleh peradaban modern sekarang ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Faktor Apa Saja yang Dapat Mempengaruhi Kebutuhan Manusia?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar