Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Monday, October 13, 2014

Mengapa Pemilu itu Penting sebagai Bagian Tak Terpisahkan dalam Pemerintahan yang Menganut Sistem Demokrasi?

Mengapa Pemilu itu Penting sebagai Bagian Tak Terpisahkan dalam Pemerintahan yang Menganut Sistem Demokrasi? - Pemilu adalah merupakan kependekan dari Pemilihan Umum yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam pemerintahan yang menganut sistem demokrasi.

Setiap negara-negara yang menganut sistem demokrasi senantiasa akan menyelenggarakan Pemilu (demokrasi berasal dari bahasa Yunani demos artinya rakyat, dan kratei yang artinya kekuasaan).

Pemilu dalam hal ini merupakan salah satu bagian dari sistem pemerintahan demokrasi. Penyelenggaraan Pemilu dalam sebuah negara yang menganut faham demokrasi itu sangat penting, oleh karena itu penyelenggaraannya diatur dalam Undang-undang.

Mengapa Pemilu penting? Tidak lain karena Pemilu sebagai salah satu sarana peran serta rakyat dalam sistem pemerintahan. Pemilu memiliki kedudukan yang penting, yakni pelaksanaan kedaulatan rakyat. Setiap warga negara dewasa yang telah memiliki hak pilih, akan memberikan hak pilih suaranya untuk siapa yang akan memerintah.

Mengapa Pemilu itu Penting sebagai Bagian Tak Terpisahkan dalam Pemerintahan yang Menganut Sistem Demokrasi?

Di setiap negara, tata cara pelaksanaan Pemilihan Umum berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan keadaan dan kondisi negara bersangkutan. Namun demikian prinsip dari Pemilu tersebut kurang lebih sama, yakni pelaksanaan dari sistem demokrasi. Di negara Indonesia Pemilu diselenggarakan setiap lima tahun sekali.

Ketentuan-ketentuannya diatur dalam UUD 1945 hasil amendemen, pasal 22 E, juga Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 tentang Pemilu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Mengapa Pemilu itu Penting sebagai Bagian Tak Terpisahkan dalam Pemerintahan yang Menganut Sistem Demokrasi?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar