Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Monday, October 27, 2014

Sebutkan Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi!

Sebutkan Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi! - Terdapat 2 macam barang-barang yang termasuk kebutuhan hidup manusia, yaitu barang ekonomi dan barang bebas.

Dalam kehidupan, barang ekonomi dan barang jasa merupakan sarana yang digunakan sebagai pemuas kebutuhan manusia, seperti misalnya peralatan rumah tangga, sepatu, sepeda, pakaian, dan makanan. Dalam ilmu ekonomi, barang kebutuhan di atas disebut dengan istilah barang.

Sedangkan pelayanan seperti misalnya listrik, telepon, dan pendidikan oleh guru, dalam ilmu ekonomi, layanan tersebut dapat memuaskan kebutuhan manusia yang sering disebut dengan istilah jasa.

Berikut ini perbedaan barang ekonomi dan barang bebas dalam pemenuhan kebutuhan manusia:

1. Barang Ekonomi

Barang ekonomi diperoleh dengan pengorbanan. Dalam kehidupan sehari-hari barang dan jasa sebagai alat pemuas kebutuhan jumlahnya terbatas, sehingga untuk memperolehnya kita harus mengeluarkan pengorbanan yang berupa waktu, biaya, ataupun tenaga. Barang seperti ini disebut dengan istilah barang ekonomi.

2. Barang Bebas

Barang bebas diperoleh tanpa pengorbanan. Selain itu ada barang yang jumlahnya melimpah seperti sinar matahari di daerah tropis, udara bersih di daerah pegunungan. Barang-barang ini untuk memperolehnya tanpa pengorbanan, sehingga disebut barang bebas. Barang-barang bebas tidak dipersoalkan dalam ilmu ekonomi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar