Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Saturday, November 15, 2014

Sebutkan Contoh Masalah Sosial Laten!

Tugas Sekolah SD SMP SMA SMK - Sebutkan Contoh Masalah Sosial Laten! - Masalah laten sosial atau latent social problems merupakan masalah sosial yang sebenarnya sudah ada, walaupun belum meluas, namun oleh sekelompok masyarakat ditutup-tutupi dan dianggap tidak ada. Masalah sosial ini sewaktu-waktu akan muncul menjadi masalah sosial manifes.

Contoh masalah laten sosial misalnya masalah konflik sosial yang disebabkan oleh suku, ras, agama, dan antar golongan, kebebasan hubungan seks di kalangan ramaja dan terorisme.

Masalah sosial manifes atau manifes social problems merupakan masalah sosial yang timbul sebagai akibat terjadinya kepincangan-kepincangan dalam masyarakat. Kepincangan tersebut disebabkan karena tidak sesuainya dengan norma dan nilai masyarakat, sehingga anggota masyarakat melakukan penyimpangan (deviant behavior).

Masyarakat pada umumnya tidak menyukai tindakan-tindakan menyimpang, sehingga berupaya untuk menghadapi dan mengatasi masalah sosial tersebut. Jadi masalah sosial manifes merupakan masalah sosial yang sudah ada dan terjadi.

Masalah laten sosial adalah masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat tetapi tidak diakui sebagai masalah. Hal ini umumnya disebabkan karena ketidakberdayaan masyarakat untuk mengatasinya.

Contoh masalah sosial laten di antaranya adalah:
  1. korupsi
  2. kemacetan lalu lintas karena sering menurunkan dan menaikan penumpang dimana saja
  3. bencana alam banjir yang disebabkan oleh masyarakat yang tidak sadar akan sampah karena sering membuang sampah sembarangan.
Masalah Korupsi
 
Korupsi adalah suatu tindakan kriminalitas yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk menguntungkan kelompok atau orang itu sendiri. Korupsi merupakan permasalahan berat bagi suatu negara.

Beberapa cara yang dapat ditempuh untuk memberantas korupsi adalah sebagai berikut:
  1. Negara China memberikan hukuman mati bagi mereka yang melakukan korupsi.
  2. Negara Hongkong  ditahun 1974 karena mengetahui 99,9% anggota polisi dan Jaksa terlibat korupsi memecat seluruh polisi dan jaksa di negara tersebut.
  3. Menerapkan hukum Islam, yaitu siapa yang korupsi potong tangan.
  4. Membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Masalah Kemacetan Lalu lintas

Contoh masalah laten sosial yang berhubungan dengan lalu lintas jalan raya adalah tidak menggunakan helm, menerobos lampu lalu lintas, menaikan dan menurunkan penumpang di mana saja sehingga menghambat jalannya lalulintas, dan masih banyak lagi.

Masalh di atas awalnya dianggap sepele, namun kenyataannya kian hari kian meningkat dengan cepat dan konsisten sehingga orang tidak berpikir dan merasa bahwa tindakan mereka tidak sesuai dengan aturan bahkan menjadi tindakan kebiasaan sehingga mereka tidak sadar bahwa tindakan mereka adalah salah dan menjadi masalah dalam masyarakat. Akhirnya, itu menjadi masalah sosial laten.

Masalah Membuang Sampah Sembarangan

Sama seperti halnya masalah kemacetan lalu lintas, orang tidak berpikir dan merasa bahwa tindakan membuang sampah sembarangan itu merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan bahkan dengan membuang sampah sembarangan lama kelamaan akan membuat alam menjadi rusak dan mengakibatkan bencana banjir yang akhirnya semua orang terkena dampaknya. Dan yang demikian merupakan masalah social yang sulit untuk diatasinya dan termasuk kedalam masalah laten social.

Oleh karera itu, untuk menanggulangi atau untuk mencari solusi masalah laten social itu berangkat dari diri kita masing-masing, bagaimana cara menyadari kesalahan-kesalahan yang menyimpang pada aturan-aturan juga yang dapat menyebabkan masalah bagi masyarakat yang lainnya (masalah social). Untuk sekarang kita harus bisa menjaga dan menjauhkan diri dan hati dari kebiasaan-kebiasaan yang buruk yang dianggap kita itu semua perbuatan yang tidak menyalahi aturan-aturan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Contoh Masalah Sosial Laten!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar