Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, January 28, 2015

7 Pertanyaan tentang Perubahan Sosial yang Terjadi dalam Masyarakat

Tugas Sekolah 123 - 7 Pertanyaan tentang Perubahan Sosial yang Terjadi dalam Masyarakat - Berikut ini beberapa permasalahan yang terkait dengan perubahan sosial di masyarakat:

Pertanyaan:
  1. Apa yang dimaksud dengan perubahan sosial?
  2. Sebutkan salah satu hal yang merupakan bukti terjadinya perubahan sosial!
  3.  Meliputi apa saja perubahan sosial itu?
  4. Sebutkan wujud perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat!
  5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial!
  6. Sebutkan faktor pendukung terjadinya proses perubahan sosial!
  7. Sebutkan faktor-faktor yang dapat menghambat terjadinya perubahan sosial!
Jawaban:
  1. Perubahan sosial dapat dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada di masyarakat, dari yang bersifat sederhana sampai yang lebih kompleks.
  2. Perubahan sosial dapat dilihat dari segi terganggunya kesinambungan di antara kesatuan sosial walaupun keadaannya relatif kecil.
  3. Perubahan ini meliputi struktur, fungsi, nilai, norma, lembaga, dan semua aspek yang dihasilkan dari interaksi antar-manusia, organisasi atau komunitas, termasuk perubahan dalam hal budaya.
  4. Wujud perubahan sosial yaitu sebagai berikut: a) Perubahan yang terjadi secara lambat dan perubahan yang terjadi secara cepat. b) Perubahan yang pengaruhnya kecil dan perubahan yang pengaruhnya besar. c) Perubahan yang dikehendaki dan perubahan yang tidak dikehendaki.
  5. Perubahan sosial terjadi dipengaruhi beragam faktor, seperti perubahan kependudukan, penemuan-penemuan baru, pertentangan (konflik), revolusi, perubahan akibat lingkungan fisik, peperangan, dan pengaruh kebudayaan masyarakat lain.
  6. Di samping faktor-faktor yang memengaruhi perubahan sosial, terdapat pula faktor pendukung terjadinya proses perubahan sosial antara lain kontak dengan masyarakat luas, difusi, sistem pendidikan, sikap, toleransi, sistem stratifikasi sosial, heterogenitas penduduk, visi atau orientasi masa depan, dan disorganisasi keluarga, serta sikap mudah menerima hal-hal yang baru.
  7. Perubahan sosial terjadi bukan tanpa hambatan. Terdapat beragam faktor yang dapat menghambat proses perubahan sosial, di antaranya kurangnya hubungan dengan masyarakat lain, sikap tradisional, adat atau kebiasaan, vested interest, sikap tertutup, dan hakikat hidup.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : 7 Pertanyaan tentang Perubahan Sosial yang Terjadi dalam Masyarakat

1 comments:

Tidak ada kunci jawabannya ya? Tapi makasih ya udah berbagi soal.

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar