Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, January 22, 2014

Cara Mengajarkan Anak Membaca dan Menulis

Bagaimana cara mengajarkan membaca dan menulis pada anak kita supaya mudah? Berikut ini sedikit penjelasan tentang Cara Mengajarkan Anak Membaca dan Menulis.

Anak-anak sangat suka bermain, untuk itu cara yang tepat mengajarkan membaca dan menulis adalah dengan belajar sambil bermain. Anak-anak mulai belajar membaca dan menulis dengan namanya sendiri.

Anak-anak dapat belajar membaca dan menulis dengan baik, ketika mereka diajarkan menggunakan pendekatan multi sensori. Pendekatan multi sensori adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang melibatkan indra sebanyak mungkin.

Beberapa teknik belajar membaca dan menulis bagi anak antara lain:

  1. Latihan menulis di udara dilakukan untuk melatih otot dengan gerakan membentuk sebuah huruf. Anak menulis di udara sambil mengucapkan huruf yang ditulis.
  2. Belajar menulis bisa di mana saja. Belajar menulis pada anak usia prasekolah tidak perlu menggunakan alat dan tempat khusus. Ini bisa dilakukan sambil bermain, misalnya dengan menggunakan ranting pohon di tanah, di pasir pantai dengan menggunakan jari tangan dan lain-lain.
  3. Pengenalan huruf bisa dimulai dengan berbagai benda yang ada di sekitar anak, termasuk anggota tubuhnya sendiri. Contohnya mulut yang bentuknya seperti huruf O. Alangkah baiknya juga jika diberikan benda kongkretnya pada anak, misalnya huruf n dengan menunjuk pada hidung, huruf a dengan menunjuk buah apel dan seterusnya.
  4. Jangan memaksa anak. Bila anak usia prasekolah belum ingin belajar menulis, sebaiknya anak jangan dipaksakan. Pemaksaan pada anak dapat mengakibatkan trauma. Anak akan malas untuk mengembangkan kemampuan menulisnya, karena anak pada usia sekolah masih memiliki sifat senang bermain.
  5. Penggunaan pendekatan bermain dan penggunaan benda konkrit di sekitarnya akan menarik perhatian anak untuk belajar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Cara Mengajarkan Anak Membaca dan Menulis

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar