Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, April 16, 2014

Fungsi Paru Paru sebagai Organ Ekskresi Manusia

Fungsi Paru Paru sebagai Organ Ekskresi Manusia - Alat atau organ ekskresi dalam sistem ekskresi manusia antara lain terdiri dari:
1. hati
2. paru-paru
3. kulit
4. ginjal
5. dan usus besar

Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia. Manusia tidak akan bisa hidup tanpa paru-paru. Paru-paru memiliki fungsi yang sangat penting sama seperti hati. Paru-paru sebagai organ untuk bernapas mengeluarkan zat sisa pernapasan berupa CO2 dan uap air. Zat-zat ini berasal dari jaringan tubuh yang dibawa oleh darah dan dikeluarkan oleh paru-paru.

Fungsi Paru Paru sebagai Organ Ekskresi Manusia

Paru-paru merupakan salah satu organ ekskresi dalam tubuh. Manusia memiliki sepasang paru-paru, yaitu paru-paru kiri dan kanan. Paru-paru pada manusia memiliki fungsi utama sebagai alat pernapasan yang berhubungan erat dengan sistem ekskresi. Dengan bernapas, manusia mengambil O2 dari udara dan mengeluarkan CO2 dan H2O.

Fungsi Paru Paru sebagai Organ Ekskresi Manusia

Sisa metabolisme di jaringan berupa karbon dioksida dan air diangkut oleh darah ke paru-paru untuk dibuang dengan cara difusi di alveolus. Di alveolus banyak pembuluh kapiler yang memiliki selapis sel sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Fungsi Paru Paru sebagai Organ Ekskresi Manusia

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar