Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Sunday, May 11, 2014

Apa Candi Hindu Terbesar Di Asia Tenggara? Sebutkan Bagian Bagiannya!

Apa Candi Hindu Terbesar Di Asia Tenggara? Sebutkan Bagian Bagiannya! - Candi ada 2 macam, yaitu candi Hindu dan candi Budha. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, tinggi bangunan utama candi Prambanan adalah 47m. Kompleks candi ini terdiri dari 8 kuil atau candi utama dan lebih dari 250 candi kecil.

Tiga candi utama candi Prambanan disebut dengan Trisakti dan dipersembahkan kepada sang hyang Trimurti, yaitu:

  1. Batara Siwa sang Penghancur
  2. Batara Wisnu sang Pemelihara
  3. Batara Brahma sang Pencipta
Candi Siwa di tengah-tengah, memuat empat ruangan, satu ruangan di setiap arah mata angin. Sementara yang pertama memuat sebuah arca Batara Siwa setinggi tiga meter, tiga lainnya mengandung arca-arca yang ukuran lebih kecil, yaitu arca Durga, sakti atau istri Batara Siwa, Agastya, gurunya, dan Ganesa, putranya. Arca Durga juga disebut sebagai Rara atau Lara/Loro Jongrang (dara langsing) oleh penduduk setempat.


Dua bagian candi Prambanan lainnya dipersembahkan kepada:
  1. Batara Wisnu, yang menghadap ke arah utara
  2. Batara Brahma, yang menghadap ke arah selatan
Beberapa candi kecil lainnya dipersembahkan kepada sang Lembu Nandini, wahana Batara Siwa, sang Angsa, wahana Batara Brahma, dan sang Garuda, wahana Batara Wisnu. Relief di sekeliling dua puluh tepi candi menggambarkan wiracarita Ramayana. Versi yang digambarkan di sini berbeda dengan Kakawin Ramayana Jawa Kuna, tetapi mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan melalui tradisi lisan.

Kompleks candi Prambanan dikelilingi oleh lebih dari 250 candi yang ukurannya berbeda-beda dan disebut perwara. Di dalam kompleks candi Prambanan terdapat museum yang menyimpan benda sejarah, termasuk batu Lingga Batara Siwa, sebagai lambang kesuburan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa Candi Hindu Terbesar Di Asia Tenggara? Sebutkan Bagian Bagiannya!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar