Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Saturday, May 31, 2014

Jelaskan Agama Kepercayaan Pendidikan Indonesia

Jelaskan Agama Kepercayaan Pendidikan Indonesia - Agama di Indonesia ada 5 yang diakui oleh negara. Perjalanan sejarah agama di Indonesia sangat panjang yang diawali dari kepercayaan. Kepercayaan asli nenek moyang Indonesia adalah animisme dan dinamisme. Berikut ini pengertian animisme dan dinamisme: Animisme adalah suatu kepercayaan terhadap roh yang menempati benda-benda tertentu. Dinamisme adalah kepercayaan bahwa benda-benda tertentu mempunyai kekuatan. Kepercayaan animisme dan dinamisme sudah ada jauh sebelum kedatangan ajaran agama di Indonesia.

Berikut ini agama yang terbesar jumlah penganutnya di Indonesia di antaranya adalah:
  1. Agama Islam, dengan jumlah penganut lebih dari 85%
  2. Agama Kristen
  3. Katolik
  4. Hindu
  5. Buddha
  6. Kong Hu Cu
Selain beberapa agama di atas, terdapat pula berbagai jenis aliran kepercayaan kepada Tuhan yang berkembang di masyarakat. Di dalam masyarakat, kepercayaan juga masih ada yang menganutnya, buktinya adalah bahwa masih ada beberapa upacara ritual adat yang masih dilakukan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Selain Agama, pendidikan juga merupakan hal penting dalam kehidupan bangsa Indonesia. Pendidikan merupakan salah satu indikator penunjang naiknya tingkat kualitas penduduk. Pada tahun ajaran 2000, tidak kurang dari 28,7 juta anak Indonesia terdaftar sebagai siswa sekolah dasar.

Pemerintah mengadakan program wajib belajar 6 tahun bagi warga negaranya. Kondisi ini kemudian semakin berkembang dengan digalakkannya program pendidikan dasar hingga 9 tahun yang meliputi pendidikan sekolah dasar (6 tahun) dan sekolah menengah pertama (3 tahun). Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas penduduk Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Jelaskan Agama Kepercayaan Pendidikan Indonesia

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar