Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, May 14, 2014

Mengapa Indonesia disebut Negara Mega Biodiversity?

Mengapa Indonesia disebut Negara Mega Biodiversity? - Indonesia disebut sebagai negara mega biodiversity karena termasuk negara dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Dari berbagai penelitian menyebutkan bahwa > 10% kehidupan jenis mahkluk hidup di muka bumi ini ada di Indonesia, sedangkan luas daratan Indonesia hanya < 1/75 dari seluruh luas daratan di dunia. Keadaan ini menempatkan Indonesia sebagai satu di antara 7 negara mega biodiversity, dengan luas hutan tropis terbesar ketiga setelah Brasil (Amerika Selatan) dan Zaire (Afrika).

Indonesia disebut sebagai negara mega biodiversity karena Indonesia memiliki keanekaragaman hayati baik flora dan fauna yang sangat kaya. Hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki letak geografis yang diapit oleh dua bio-geografis yang kaya, yaitu:

  1. Indonesia terletak di antara 2 benua, yaitu benua Asia dan benua Australia
  2. Indonesia terletak di antara 2 samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik
  3. Indonesia terletak di antara 2 paparan atau sirkum, yaitu sirkum Mediterania dan paparan Pasifik.
Alasan lain bahwa Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman hayati adalah bahwa Indonesia:
  1. berada di daerah khatulistiwa yang beriklim tropis sehingga mendapat curah hujan, sinar matahari, dan penyerapan air laut yang tinggi sepanjang tahun
  2. kebutuhan utama manusia, hewan, dan tumbuhan adalah cahaya matahari dan air. Indonesia memiliki posisi yang amat menguntungkan
  3. sumber daya alam yang melimpah dan terjaga dengan baik, menyebabkan makhluk hidup dapat berkembang dengan baik dan memiliki tempat ekosistem ideal untuk kehidupannya.
  4. karena tumbuhan dapat tumbuh dengan subur, sehingga makhluk hidup lainnya juga dapat tumbuh dengan baik.
Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati karena letak antara bumi Indonesia dengan matahari sangat menguntungkan, sehingga makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Wilayah Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi sehingga oleh beberapa pihak wilayah ekologi Indonesia disebut dengan istilah negara mega biodiversity atau negara dengan keanekaragaman mahluk hidup yang tinggi.

Bedasarkan penelitian bahwa 10% tumbuhan, 12% mamalia, 16% reptil, 17% burung, dan 25% ikan yang ada di dunia hidup di Indonesia, padahal luas Indonesia hanya 1,3 % dari luas Bumi.

Negara mega diversity adalah negara-negara yang memiliki keanekaragaman hayati terkaya di dunia. Sekelompok negara-negara ini menampung sebagian besar keanekaragaman spesies yang ada di muka bumi, karena itu dianggap sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Pusat Pengawasan Keonservasi Dunia (World Conservation Monitoring Centre), sebuah badan dalam Program Lingkungan Hidup Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Environment Programme), telah mengidentifikasi 17 negara mega diversity, yang kebanyakan berlokasi di kawasan tropis, yaitu:
  1. Australia
  2. Brasil
  3. Republik Rakyat Tiongkok
  4. Kolombia
  5. Republik Demokratik Kongo
  6. Ekuador
  7. India
  8. Indonesia
  9. Madagaskar
  10. Malaysia
  11. Meksiko
  12. Papua Nugini
  13. Peru
  14. Filipina
  15. Afrika Selatan
  16. Amerika Serikat
  17. Venezuela

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Mengapa Indonesia disebut Negara Mega Biodiversity?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar