Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Saturday, May 31, 2014

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli - Bahasa merupakan alat komunikasi. Secara umum, yang dapat menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima sehingga keduanya mengerti maksudnya adalah fungsi dari bahasa. Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa pandangan tentang pengertian bahasa yang dikemukakan oleh para ahli, di antaranya oleh Bill Adams, Wittgenstein, dan Ferdinand De Saussure.

Bahasa adalah merupakan sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya. Bahasa sendiri berfungsi sebagai sarana komunikasi serta sebagai sarana integrasi dan adaptasi. Berikut ini adalah pengertian atau definisi bahasa menurut para ahli yang bisa digunakan sebagai referensi:
  1. Pengertian bahasa menurut Bill Adams. Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif.
  2. Pengertian bahasa menurut Wittgenstein. Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis.
  3. Pengertian bahasa menurut Ferdinand De Saussure. Bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain.
  4. Pengertian bahasa menurut Plato. Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.
  5. Pengertian bahasa menurut Bloch & Trager. Bahasa adalah sebuah sistem simbol yang bersifat manasuka dan dengan sistem itu suatu kelompok sosial bekerja sama.
  6. Pengertian bahasa menurut Carrol. Bahasa adalah sebuah sistem berstruktural mengenai bunyi dan urutan bunyi bahasa yang sifatnya manasuka, yang digunakan, atau yang dapat digunakan dalam komunikasi antar individu oleh sekelompok manusia dan yang secara agak tuntas memberi nama kepada benda-benda, peristiwa-peristiwa, dan proses-proses dalam lingkungan hidup manusia.
  7. Pengertian bahasa menurut Sudaryono. Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.
  8. Pengertian bahasa menurut Saussure. Bahasa adalah objek dari semiologi.
  9. Pengertian bahasa menurut Mc. Carthy. Bahasa adalah praktik yang paling tepat untuk mengembangkan kemampuan berpikir.
  10. Pengertian bahasa menurut William A. Haviland. Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.
Bahasa adalah merupakan sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya.

Unsur-unsur sistem dalam sebuah bahasa di antaranya adalah:
  1. Sistem lambang yang bermakna dan dapat dipahami oleh masyarakat pemakainya.
  2. Sistem lambang tersebut bersifat konvensional yang ditentukan oleh masyarakat pemakainya berdasarkan kesepakatan.
  3. Lambang-lambang tersebut bersifat arbiter (Kesepakatan) digunaka secara berulang dan tetap.
  4. Sistem lambang tersebut bersifat terbatas, tetapi produktif.
  5. Sistem lambang bersifat unix, khas, dan tidak sama dengan bahasa lain.
  6. Sistem lambang dibangun berdasarkan kaidah yang bersifat universal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar