Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Saturday, May 17, 2014

Sebutkan Contoh Dasar Negara di Dunia!

Sebutkan Contoh Dasar Negara di Dunia! - Pengertian Dasar Negara harus kita pahami hubungannya rasa cinta dan patriotisme kita pada tanah tumpa darah, pada ibu pertiwi, dan pada negara yang telah mengayomi hidup kita. Dengan memahami arti dasar negara, kita akan semakin mencintai negara kita dan siap dengan segenap jiwa raga untuk membela dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara dari segala macam ancaman musuh.

Dasar negara adalah landasan kehidupan bernegara. Setiap negara harus mempunyai landasan dalam melaksanakan kehidupan bernegaranya. Dasar negara bagi suatu negara merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara.

Dasar negara bagi suatu negara merupakan sesuatu yang amat penting. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, maka akibatnya negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan.

Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup:
  1. cita-cita negara
  2. tujuan negara
  3. norma bernegara
Setiap negara di dunia memiliki dasar negara sebagai patokan untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakatnya. Berikut ini contoh dasar negara dari beberapa negara di dunia, yaitu:
  1. Dasar negara Indonesia yaitu Pancasila
  2. Dasar negara Malaysia yaitu Negara Raja Berperlembagaan
  3. Dasar negara Amerika yaitu Konstitusi Amerika Serikat
  4. Dasar negara Inggris adalah Kingdom atau Kerajaan
  5. Negara Singapura yaitu Republik
  6. Negara Thailand yaitu Kerajaan Konstitusional
  7. Negara Philippina yaitu Republik

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Contoh Dasar Negara di Dunia!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar