Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, June 12, 2014

Mengenal Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia

Mengenal Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia - Kondisi fisik wilayah yang meliputi unsur letak, relief daratan, jenis tanah, keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna akan memengaruhi kehidupan sosial penduduknya. Hal tersebut tercermin dari berbagai bentuk aktivitas ekonomi yang dilakukan penduduk di berbagai bentang lahan baik di daerah pantai, dataran rendah maupun dataran tinggi serta pegunungan.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kita harus mampu mengenali berbagai unsur fisik lingkungan tempat tinggal kita, supaya kita dapat beradaptasi, memanfaatkan potensi yang ada serta menjaga kelestariannya sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Berikut ini beberapa hal yang berhubungan dengan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia:
  1. Unsur-unsur fisik wilayah Indonesia dapat dilihat dari letak dan pengaruhnya, kondisi relief daratan serta persebaran jenis tanah.
  2. Secara astronomis, negara Indonesia terletak antara 6o LU – 11o LS dan 94o BT – 141o BT, sedangkan secara geografis Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
  3. Akibat pengaruh letak astronomis Indonesia, menyebabkan wilayah Indonesia beriklim tropis dan memiliki tiga daerah waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).
  4. Dampak dari pengaruh letak geografis, Indonesia dilalui oleh angin monsun yang berganti arah setiap 6 bulan sekali dan menyebabkan negara Indonesia mengalami dua musim, yaitu penghujan dan kemarau.
  5. Secara garis besar relief daratan Indonesia sangat bervariasi yang dikarenakan sejarah dan formasi geologi yang unik.
  6. Persebaran tanah secara vertikal dapat dilihat dari profil tanah yang meliputi lapisan tanah atas, lapisan tanah bawah, lapisan bahan induk tanah dan lapisan batuan induk. Sementara persebaran tanah secara horizontal dapat dilihat dari beberapa jenis tanah di Indonesia yang meliputi tanah organosol, latosol, regosol, aluvial, litosol, grumusol, andosol, podzolik merah-kuning dan tanah rendzina.
  7. Persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti iklim, kondisi tanah, relief daratan dan formasi geologi. Flora dan fauna di Indonesia dikelompokkan menjadi flora dan fauna Indonesia bagian Barat, bagian tengah, dan bagian Timur.
  8. Kondisi sosial Indonesia meliputi suku bangsa, bahasa, agama dan pendidikan.
  9. Kegiatan ekonomi penduduk Indonesia secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu sektor agraris dan nonagraris.
  10. Hubungan antara kondisi fisik dan kondisi sosial di Indonesia dapat terlihat dari berbagai aktivitas sosial ekonomi di daerah dataran rendah, di daerah pantai dan di daerah dataran tinggi (pegunungan).

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Mengenal Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar