Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Tuesday, June 3, 2014

Sebutkan dan Jelaskan Kegiatan Ekonomi Non Agraris di Indonesia

Sebutkan dan Jelaskan Kegiatan Ekonomi Non Agraris di Indonesia - Kegiatan Ekonomi Non-agraris
Kegiatan ekonomi non-agraris pada umumnya lebih berkembang di daerah perkotaan, khususnya di kota-kota besar. Kegiatan ekonomi non-agraris meliputi usaha pertambangan, industri, perdagangan, dan jasa.

1. Kegiatan ekonomi yang berupa pertambangan di Indonesia pada umumnya tersebar luas di berbagai wilayah dan menghasilkan berbagai jenis bahan tambang. Akan tetapi, hasil utama pertambangan di Indonesia adalah minyak dan gas atau yang lebih dikenal dengan nama migas serta batu bara.

2. Kegiatan ekonomi yang berupa perindustrian di Indonesia berkembang sangat pesat. Perindustria berasal dari kata industri.

Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi atau bahan setengah jadi menjadi barang konsumsi dengan menggunakan sarana dan peralatan.

Perindustrian adalah segala sesuatu yang bertalian dengan proses-proses industri. Perkembangan industri di Indonesia kian meningkat dari tahun ke tahun.

Perkembangan sektor industri ini didukung oleh beberapa faktor, antara lain, ketersediaan sumber daya alam, ketersediaan sumber daya manusia (tenaga kerja), ketersediaan sarana dan prasarana yang
memadai (air bersih, listrik, jalur transportasi, dan komunikasi), potensi pasar yang besar, serta kemampuan dalam penerapan teknologi.

Sebutkan dan Jelaskan Kegiatan Ekonomi Non Agraris di Indonesia

3. Kegiatan ekonomi yang berupa perdagangan di Indonesia juga berkembang sangat pesat. Perdagangan adalah suatu kegiatan jual beli (transaksi) barang dari produsen kepada konsumen. Berdasarkan luas jangkauan pemasaran, perdagangan dapat dibedakan menjadi berikut ini.
  • Perdagangan lokal
  • Perdagangan regional
  • Perdagangan nasional
  • Perdagangan internasional
4 . Kegiatan ekonomi yang berupa jasa juga tidak kalah pesatnya perkembangannya. Jasa merupakan aktivitas, kemudahan, atau manfaat yang dapat dijual ke orang lain (konsumen) yang membutuhkannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan dan Jelaskan Kegiatan Ekonomi Non Agraris di Indonesia

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar