Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, August 6, 2014

Sebutkan Cara Mengetahui Data tentang Kualitas dan Kuantitas Penduduk

Sebutkan Cara Mengetahui Data tentang Kualitas dan Kuantitas Penduduk - Penduduk merupakan salah satu elemen pendukung terbentuknya suatu negara. Penduduk bersifat dinamis, artinya senantiasa berubah sesuai dengan keadaan atau kondisi zaman. Perubahan tersebut dapat bertambah ataupun berkurang. Perubahan inilah yang dimaksud dengan dinamika penduduk. Dengan demikian, dinamika penduduk adalah sifat dinamis penduduk yang selalu berubah-ubah yang sesuai dengan keadaan dan kondisi zaman.

Banyak sekali faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk serta akibat atau dampak yang ditimbulkannya. Masalah kependudukan merupakan masalah umum yang dimiliki oleh setiap negara di dunia ini. Secara umum, masalah kependudukan di berbagai negara dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

Sebutkan Cara Mengetahui Data tentang Kualitas dan Kuantitas Penduduk
  1. masalah kuantitas penduduk
  2. masalah kualitas penduduk
Data tentang kualitas dan kuantitas penduduk tersebut dapat diketahui melalui beberapa cara, di antaranya melalui:
  1. metode sensus
  2. metode registrasi
  3. metode survei penduduk
Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk, ekonomi, dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu, dilakukan secara serentak, dan bersifat menyeluruh dalam suatu batas negara untuk kepentingan demografi negara yang bersangkutan.

Sistem registrasi penduduk adalah merupakan suatu sistem registrasi yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat yang meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal atau perubahan pekerjaan.

Survey penduduk adalah suatu metode atau cara mengumpulkan dan memperoleh informasi atau data penduduk yang meliputi data statistik penduduk dan data sifat dan prilaku penduduk secara lebih luas dan mendalam. Metode survey pendudukan dilakukan karena perolehan data penduduk dari metode sensus dan registrasi penduduk masih mempunyai keterbatasan karena hanya menyediakan data statistik kependudukan dan kurang memberikan informasi tentang sifat dan perilaku penduduk tersebut. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, maka perlu dilaksanakan survai penduduk yang sifatnya lebih terbatas dan informasi yang dikumpulkan lebih luas dan lebih mendalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Cara Mengetahui Data tentang Kualitas dan Kuantitas Penduduk

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar