Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Tuesday, September 9, 2014

Permasalahan Kependudukan di Indonesia Sangat Komplek

Permasalahan Kependudukan di Indonesia Sangat Komplek - Permasalahan kependudukan di Indonesia sangatlah kompleks baik masalah-masalah yang berkaitan dengan kuantitas penduduk maupun masalah-masalah yang berkaitan dengan kualitas penduduk. Sejauh ini pemerintah kita sudah berupaya untuk mengatasi berbagai masalah tersebut meskipun belum sepenuhnya berhasil dengan maksimal.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, generasi muda yang merupakan bagian dari penduduk Indonesia hendaknya terus mengasah diri dan terus belajar meningkatkan serta mengembangkan potensi diri agar kelak tidak menjadi beban negara tetapi dapat menjadi bagian dari sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu menjadi motor penggerak pembangunan.

Berikut ini beberapa hal penting yang berhubungan dengan permasalahan kependudukan di Indonesia:

Permasalahan Kependudukan di Indonesia Sangat Komplek
  1. Masalah kependudukan merupakan masalah umum yang dialami oleh setiap negara di dunia, yang secara garis besar dapat dibedakan menjadi masalah yang berkaitan dengan kuantitas penduduk dan masalah yang berkaitan dengan kualitas penduduk.
  2. Data tentang kependudukan dapat diperoleh dengan melalui metode sensus penduduk, registrasi penduduk, dan survai penduduk.
  3. Masalah-masalah kependudukan di Indonesia yang berkaitan dengan kuantitas penduduk antara lain jumlah penduduk yang besar, pertumbuhan penduduk yang tinggi, serta kepadatan dan persebaran penduduk yang tidak merata.
  4. Masalah-masalah kependudukan di Indonesia yang berkaitan dengan kualitas penduduk meliputi masalah pendidikan, masalah kesehatan, dan tingkat pendapatan perkapita yang masih rendah.
  5. Pertumbuhan penduduk dapat dibedakan menjadi pertumbuhan penduduk alami, pertumbuhan penduduk migrasi, dan pertumbuhan penduduk total. Sementara faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk meliputi faktor demografi (kelahiran, kematian dan migrasi) serta faktor nondemografi (kesehatan dan tingkat pendidikan).
  6. Piramida penduduk adalah suatu jenis grafik balok tentang komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin pada saat tertentu. Berdasarkan bentuknya piramida penduduk dibedakan menjadi piramida penduduk ekspansif, konstruktif, dan stasioner.
  7. Rasio jenis kelamin (sex ratio) merupakan angka perbandingan antara jumlah laki-laki dengan jumlah penduduk perempuan di suatu wilayah. Sementara beban ketergantungan (dependency ratio) adalah perbandingan antara jumlah penduduk yang belum dan tidak produktif dengan jumlah penduduk yang produktif.
  8. Migrasi adalah perpindahan penduduk antardaerah yang melintasi batas administrasi tertentu, baik untuk tinggal sementara atau pun menetap. Migrasi dibedakan menjadi migrasi nasional yang meliputi sirkulasi, urbanisasi, rulalisasi, transmigrasi, serta migrasi internasional yang meliputi imigrasi dan emigrasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Permasalahan Kependudukan di Indonesia Sangat Komplek

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar