Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, October 29, 2014

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Kelangkaan Barang Kebutuhan?

Apa yang Menyebabkan Terjadinya Kelangkaan Barang Kebutuhan? - Penyebab kelangkaan barang kebutuhan hidup di pasaran sangat beragam. Dalam kehidupan masyarakat primitif, kebutuhan mereka mungkin hanya sebatas pada kebutuhan makanan, minuman, pakaian, dan perumahan. Kebutuhan itu dapat terpenuhi jika jumlah sumber daya untuk memenuhi kebutuhan itu jauh melebihi jumlah kebutuhan yang ada pada masyarakat yang masih primitif.

Bagaimana jika kita bandingkan dengan masyarakat modern sekarang ini? Kebutuhan masyarakat modern semakin beragam, sementara jumlah sumber daya untuk mencukupi kebutuhan itu kian hari kian terbatas jumalh dan keberadaannya.

Kebutuhan manusia sekarang ini sangat beraneka ragam dan kebutuhan mereka masing-masing tidak sama, sehingga dapat diketahui bahwa kebutuhan itu cenderung bertambah, sedangkan komoditas atau alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan dan penyebab terjadinya kelangkaan atau scarcity. Jadi yang dimaksud dengan scarcity atau kelangkaan barang adalah kondisi persediaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang relatif terbatas sementara kebutuhan manusia tidak terbatas.

Apa Penyebab Kelangkaan Barang Kebutuhan di Pasaran? Kelangkaan benda pemuas kebutuhan itu terjadi karena beberapa hal, yaitu:
  1. Terbatasnya persediaan sumber alam.
  2. Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah alam.
  3. Meningkatnya kebutuhan manusia yang lebih cepat dari kemampuan manusia untuk menghasilkan atau belum ditemukannya sumber-sumber baru.
Saat ini kelangkaan barang atau sumber daya itu dialami setiap orang, setiap bangsa, dan oleh setiap negara. Meskipun situasi dan kondisinya berbeda-beda, pokok masalahnya sama yaitu bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dan terus bertambah dihadapkan dengan ketersediaan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Apa yang Menyebabkan Terjadinya Kelangkaan Barang Kebutuhan?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar