Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Friday, October 31, 2014

Istilah Istilah Penting dalam Permasalahan Ekonomi

Berikut ini Istilah Istilah Penting dalam Permasalahan Ekonomi yang meliputi kebutuhan manusia, kelangkaan barang kebutuhan, dan sistem ekonomi.

  1. intensitas adalah penting atau tidaknya
  2. kelangkaan dalam bahasa Inggris adalah scarcity 
  3. pilihan (choice)
  4. sumber (source)
  5. Keadaan timpang yang merupakan masalah tersebut dinamakan kelangkaan (scarcity)
  6. penggunaan faktor produksi (input)
  7. Mencapai produk (output)
  8. Kondisi manakala semua lowongan pekerjaan terisi penuh oleh para pencari kerja inilah yang disebut dalam ilmu ekonomi sebagai “full employment
  9. Opportunity Cost adalah biaya karena hilangnya kesempatan akibat dari pemenuhan suatu kebutuhan yang lain
  10. Batas kemungkinan produksi dalam bentuk grafik disebut kurva batas kemungkinan produksi (production possibility frontier curve)’
  11. Kurva batas kemungkinan produksi (production possibility frontier-PPF)
  12. Kebutuhan manusia dapat kita golongkan menjadi empat kelompok, yaitu kebutuhan yang terkait dengan masalah intensitas, waktu, sifat dan subjek.
  13. Kelangkaan (scarcity) adalah kondisi persediaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang relatif terbatas sementara kebutuhan manusia tidak terbatas.
  14. Permasalahan ekonomi dapat dipecahkan dengan memperhatikkan apa yang akan diproduksi, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi. Hal tersebut juga sebagai acuan sebuah negara dalam menentukan sistem ekonomi yang akan digunakan.
  15. Biaya peluang (Opportunity Cost) adalah biaya karena hilangnya kesempatan akibat dari pemenuhan suatu kebutuhan yang lain.
  16. Sistem ekonomi adalah suatu organisasi yang terdiri atas beberapa lembaga atau pranata (politik, ekonomi, sosial, ide-ide) yang merupakan suatu kesatuan dan saling mempengaruhi dalam memecahkan problem dasar perekonomian yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi sehingga terpenuhinya semua kebutuhan.
  17. Dari berbagi sistem ekonomi yang ada di dunia ini mempunyai fungsi dalam perekonomian, di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Menyediakan perangsang untuk berproduksi.
  • Menyediakan cara/metode untuk mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian.
  • Menyediakan mekanisme tertentu agar pembagaian hasil produksi di antara anggota masyarakat dapat terlaksana sebagaimana mestinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Istilah Istilah Penting dalam Permasalahan Ekonomi

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar