Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, October 30, 2014

Pertimbangan Apa Saja yang Harus Diambil dalam Memproduksi Barang dan Jasa?

Pertimbangan Apa Saja yang Harus Diambil dalam Memproduksi Barang dan Jasa? - Manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari harus melakukan usaha, yaitu memproduksi suatu barang untuk dijual agar mendapatkan uang. Upaya pemenuhan kebutuhan manusia menimbulkan masalah ekonomi. Masalah ekonomi timbul jika kebutuhan manusia tidak terpenuhi yang diakibatkan tidak ada orang atau perusahaan yang memproduksinya.

Pertimbangan dalam memproduksi suatu barang menurut Paul A. Samuelson, sekaligus sebagai masalah ekonomi yang dikaji oleh ilmu ekonomi, yaitu:
  1. Apa yang harus diproduksi?
  2. Bagaimana cara memproduksinya?
  3. Untuk siapa barang tersebut diproduksi?
Barang apakah yang dapat diproduksi?
Bagaimanakah cara memproduksi barang tersebut?
Untuk siapa barang tersebut diproduksi?
Kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas sedangkan sumber untuk memenuhi kebutuhan yang berupa barang dan jasa terbatas jumlahnya. Keadaan timpang yang merupakan masalah tersebut dinamakan sebagai kelangkaan.

Untuk mengatasi masalah itu diperlukan usaha dalam mencari solusi atas permasalahan tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan memproduksi suatu barang atau jasa. Apa yang harus dilakukan untuk mencukupi semua kebutuhan sehari-hari? Setiap orang bekerja untuk menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebagai contoh, seseorang menjadi pedagang di pasar dengan menjual berbagai macam barang dan jasa atau seseorang dokter kandungan bekerja di rumah sakit dan membuka praktik di rumah. Dalam upaya mencukupi kebutuhan pada dasarnya manusia harus bekerja dengan menganalisis beberapa pertanyaan-pertanyaan mendasar yang meliputi: Apa yang dapat diproduksi? Bagaimanakah cara memproduksi? Dan kepada siapa saja produksi tersebut akan dijual?

1. APA YANG AKAN DIPRODUKSI?

Biasanya, dalam setiap proses produksi, produsen akan menetapkan skala prioritas pemenuhan kebutuhan masyarakat, sehingga dalam menentukan barang apa akan diproduksi benar-benar dibutuhkan masyarakat dan dapat laku dipasaran. Penentuan berbagai jenis barang yang akan diproduksi sangat penting.

Jika telah diketahui jenis barang yang dibutuhkan, maka perlu diketahui seberapa banyak. Hal ini berhubungan dengan seberapa besar daya serap dan daya beli masyarakat akan kebutuhan barang tersebut. Karena meskipun barang tersebut dibutuhkan dalam jumlah banyak, namun bila daya beli rendah, maka produksi banyak juga akan dan akan merugikan produsen.

2. BAGAIMANA CARA MEMPRODUKSI?

Untuk Dapat memproduksi suatu barang ada beberapa macam cara. Yang paling umum adalah dengan cara tradisional, yaitu bercocok tanam atau beternak (pertanian), kemudian pengolahan (industri manufaktur) atau langsung mengambil dari alam yang telah tersedia, misalnya pertambangan atau hasil hutan.

Produsen dituntut melakukan produksi yang efesien misalnya dengan kombinasi penggunaan faktor produksi yang optimal dengan untuk mencapai produk yang maksimal, penerapan teknologi produksi yang terpadu. Contohnya:
  1. pertanian dengan cara bioteknologi dan bibit unggul
  2. perikanan dengan pembibitan unggul
  3. industri pengolahan menggunakan peralatan canggih
Masalah kombinasi sumber daya dan teknik yang digunakan merupakan permasalahan yang perlu diperhatikan karena berkaitan dengan ketersediaannya sumber daya dan biaya produksi yang minimum.

3. UNTUK SIAPA BARANG DIPRODUKSI?

Dalam melakukan sebuah produksi, tidak hanya memproduksi atau menumpuk produknya untuk kelangsungan hidup perusahaan, produsen perlu mempertimbangkan kepada siapa produknya akan dipasarkan/dijual. Kita ketahui bersama bahwa dalam kenyataannya tingkat perekonomian masyarakat tidaklah sama.

Untuk itu produsen perlu menyesuaikan produksinya yang disesuaikan dengan masing-masing status. Agar individu yang berpenghasilan tinggi tidak seenaknya menguasai hasil produksi, maka produsen harus mendistribusikan produksinya sesuai dengan tingkat kemampuan individu yang dimaksud.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Pertimbangan Apa Saja yang Harus Diambil dalam Memproduksi Barang dan Jasa?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar