Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Monday, December 29, 2014

Sebutkan Ciri Ciri Kegiatan Konsumsi

Tugas Sekolah - Sebutkan Ciri Ciri Kegiatan Konsumsi - Sebelum mengetahui ciri-ciri kegiatan ekonomi sebaiknya diketahui terlebih dahulu tentang kegiatan ekonomi masyarakat. Dalam mengetahui pola perilaku konsumen dan produsen, perlu diperhatikan semua kegiatan ekonomi masyarakat. Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu:
  1. kegiatan produksi,
  2. kegiatan distribusi
  3. kegiatan konsumsi.
Istilah konsumsi berhubungan erat dengan makan minum. Dalam kegiatan tertentu sering terdengar istilah konsumsi, yang tugasnya adalah menyediakan makan dan minum. Oleh karena itu, konsumsi adalah kegiatan makan dan minum. Ternyata pengertian konsumsi tidak sebatas makan dan minum saja. Melainkan konsumsi merupakan kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna atau manfaat suatu barang atau jasa.

Sebutkan Ciri Ciri Kegiatan Konsumsi

Salah satu unsur konsumsi di atas adalah jasa, oleh karena itu, kegiatan menonton acara televisi juga termasuk kegiatan konsumsi. Agar mudah membedakan apakah suatu kegiatan adalah merupakan kegiatan konsumsi atau bukan, maka harus memahami ciri-ciri kegiatan konsumsi itu sendiri.

Ciri-ciri kegiatan konsumsi adalah bahwa:
  1. Barang yang digunakan dalam kegiatan konsumsi merupakan barang konsumsi
  2. ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan dan barang yang dipergunakan akan habis atau berkurang.
Dari ciri-ciri kegiatan konsumsi di atas dapat disimpulkan bahwa konsumsi ialah kegiatan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang/jasa.

Dalam kegiatan konsumsi juga dilibatkan apa yang disebut dengan konsumen. Konsumen adalah pelaku kegiatan konsumsi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Ciri Ciri Kegiatan Konsumsi

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar