Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, March 26, 2015

Soal PKn Kelas 6 tentang Peran Indonesia di Lingkungan Negara-Negara Asia Tenggara

Tugas Sekolah 123 - Soal PKn Kelas 6 tentang Peran Indonesia di Lingkungan Negara-Negara Asia Tenggara - Berikut ini soal dan jawaban PKn Kelas VI tentang Peran Indonesia di Lingkungan Negara-Negara Asia Tenggara sebagai referensi untuk ulangan harian, UAS, maupun UN:

Soal:
  1. Sekretariat bersama ASEAN berkedudukan di ... dan berfungsi sejak ....
  2. Organisasi kerja sama negara-negara Asia Tenggara sebelum ASEAN adalah ....
  3. Gagasan penting tentang stabilitas Asia Tenggara yang diusulkan Indonesia adalah ....
  4. Peran negara Indonesia di lingkungan negara-negara Asia Tenggara dapat melalui keanggotaan ASEAN dan dapat pula ....
  5. Hasil penting dari KTT ASEAN pertama adalah ....
  6. Nama pulau di wilayah Indonesia yang disediakan untuk membantu pengurusan pengungsi Indocina saat pendudukan Kamboja adalah ....
  7. Organisasi kerja sama Asia Tenggara yang pertama diusulkan Sukarno bernama ....
  8. Nama deklarasi yang mendasari pembentukan organisasi ASEAN adalah ....
  9. Dua negara super power yang turut campur tangan dalam pergolakan di kawasan Asia Tenggara adalah ....
  10. Menteri Luar Negeri RI yang turut aktif dalam pembentukan ASEAN adalah ....
Jawaban:
  1. Sekretariat bersama ASEAN berkedudukan di Jakarta dan secara resmi sekretariat tersebut berfungsi sejak tanggal 7 Juni 1976.
  2.  Organisasi kerja sama negara-negara Asia Tenggara sebelum ASEAN adalah ASA (Asosiasi Asia Tenggara dengan negara-negara anggota Malaysia, Filipina, dan Thailand). Ada juga nama MAPHILINDO (Malaysia, Philipina, dan Indonesia) yang merupakan usulan Sukarno, ASPAC (Asia Pacific Council), SEAARC (South East Asian Association for Regional Cooperation).
  3. Gagasan penting tentang stabilitas Asia Tenggara yang diusulkan Indonesia adalah Indonesia berpandangan, bahwa dalam menanggapi situasi kawasan Asia Tenggara adalah menekankan perlunya sikap ”kelenturan nasional”. Bagi Indonesia, sikap kelenturan nasional tersebut secara bertahap dapat mengantarkan kepada ”kelenturan regional” yang lebih luas.
  4. Peran negara Indonesia di lingkungan negara-negara Asia Tenggara dapat melalui keanggotaan ASEAN dan dapat pula melalui luar keanggotaan ASEAN.
  5. KTT ASEAN pertama berlangsung di Bali tanggal 23-25 Februari 1976. Dalam KTT tersebut dihasilkan dua keputusan penting berkaitan dengan situasi kawasan Asia Tenggara. Masing-masing 1) Declaration of ASEAN Concord dan 2) TAC (Treary of Amity and Cooperationin Southeast Asia) atau perjanjian persahabatan dan kerja sama.
  6. Nama pulau di wilayah Indonesia yang disediakan untuk membantu pengurusan pengungsi Indocina saat pendudukan Kamboja adalah Pulau Galang untuk pemrosesan para pengungsi. Tindakan tersebut dilakukan berdasar atas kesepakatan para menteri ASEAN (yang bekerja sama dengan Komisi Tinggi PBB Urusan Pengungsi/UNHCR).
  7. Organisasi kerja sama Asia Tenggara yang pertama diusulkan Sukarno bernama MAPHILINDO (Malaysia, Philipina, dan Indonesia).
  8. Nama deklarasi yang mendasari pembentukan organisasi ASEAN adalah Deklarasi Bangkok.
  9. Dua negara super power yang turut campur tangan dalam pergolakan di kawasan Asia Tenggara adalahAmerika Serikat dan Uni Soviet.
  10. Menteri Luar Negeri RI yang turut aktif dalam pembentukan ASEAN adalah Adam Malik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Soal PKn Kelas 6 tentang Peran Indonesia di Lingkungan Negara-Negara Asia Tenggara

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar