Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, January 30, 2014

Bentuk Kerja Sama Ekonomi Antarnegara

Dalam dunia perdagangan, bukan manusia saja yang melakukan kerjasama ekonomi, melainkan negara juga melakukan kerja sama ekonomi antarnegara. Berikut ini Bentuk Kerja Sama Ekonomi Antarnegara yang dilakukan oleh banyak negara dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri akan barang-barang yang tidak bisa diproduksi sendiri, maupun untuk menjual barang milik sendiri yang tersedia melimpah.

Kerja sama ekonomi antarnegara sangat penting dilakukan. Kerja sama ini dilakukan melalui lembaga atau organisasi internasional.

Tujuan dibentuknya lembaga atau organisasi ini yaitu:

  1. Agar memperlancar kerja sama yang dijalin
  2. Dapat menampung aspirasi dan keinginan negara-negara anggotanya.
Bentuk kerja sama ekonomi yang lakukan antarnegara dapat digolongkan atas dasar-dasar berikut.

Berdasarkan Letak Geografis

Kerja sama ekonomi internasional berdasarkan letak geografis dapat digolongkan sebagai berikut.
  1. Kerja sama ekonomi regional, yaitu kerja sama ekonomi antara negara-negara dalam satu kawasan/wilayah. Contoh: ASEAN, MEE.
  2. Kerja sama ekonomi interregional, yaitu kerja sama ekonomi antara kawasan satu dengan kawasan lain. Contoh: kerja sama ekonomi antara ASEAN dengan MEE.
  3. Kerja sama ekonomi internasional, yaitu kerja sama ekonomi yang dilakukan beberapa negara yang mencakup wilayah negara-negara di dunia. Contoh: CGI, WTO.
Berdasarkan Jumlah Negara yang Terlibat

Berdasarkan banyaknya negara peserta yang terlibat dalam kerja sama ekonomi internasional, kerja sama ekonomi internasional dibedakan menjadi dua, yaitu kerja sama ekonomi bilateral dan kerja sama ekonomi multilateral.
  1. Kerja sama ekonomi bilateral, yaitu kerja sama ekonomi antara dua negara. Contoh: kerja sama ekonomi Indonesia dan Jepang.
  2. Kerja sama ekonomi multilateral, yaitu kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh lebih dari dua negara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Bentuk Kerja Sama Ekonomi Antarnegara

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar