Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Wednesday, January 29, 2014

Mengapa Manusia disebut Makhluk Sosial?

Mengapa Manusia disebut Makhluk Sosial? - Dalam pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan (PKn) terdapat materi tentang manusia dan norma kehidupan sosialnya. Materi ini sangat penting karena nantinya peserta didik akan menghadapi kehidupan nyata di dalam masyarakat setelah lulus nanti. Agar mereka siap terjun ke masyarakat, maka peserta didik harus menguasai materi ini dengan baik.

Berikut ini penjelasan tentang Mengapa Manusia disebut Makhluk Sosial?

Manusia disebut sebagai makhluk sosial. Mengapa Manusia disebut Makhluk Sosial? Jawabannya adalah karena manusia pada dasarnya tidak dapat hidup sendiri (zoon politicon). Manusia saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

Sifat dasar manusia yang saling membutuhkan tersebut dalam pelaksanaannya terjadi melalui interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan manusia satu dengan lainnya karena adanya kebutuhan atau
kepentingan yang sama.

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, makhluk pribadi, dan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota dari masyarakat, baik masyarakat dalam lingkungan kecil maupun lingkungan berbangsa dan bernegara.

Dalam kehidupannya di masyarakat, manusia selalu berinteraksi.

Proses interaksi sosial manusia di suatu lingkungan menuntut manusia bertanggungjawab terhadap lingkungannya tersebut. Tanggung jawab manusia terhadap lingkungannya salah satunya adalah dengan pengendalian diri dan perilakunya.

Dalam kerangka pengendalian sosial itu pulalah, masyarakat biasanya memiliki suatu aturan atau norma.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Mengapa Manusia disebut Makhluk Sosial?

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar