Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, January 30, 2014

Rangkuman Materi Tata Surya

Rangkuman Materi Tata Surya - Berikut ini Rangkuman Materi tentang Tata Surya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX SMP.

  1. Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet-planet yang berputar mengelilingi matahari, komet, dan asterioid, serta benda-benda langit lainnya.
  2. Bintang adalah anggota tata surya yang mampu memancarkan cahaya sendiri.
  3. Nama-nama planet anggota tata surya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  4. Satelit adalah benda langit anggota tata surya yang selalu mengiringi planet sehingga disebut sebagai pengiring planet.
  5. Asteroid adalah benda angkasa yang berupa pecahan kecil dan terletak pada garis edar yang berada di antara planet Mars dan Jupiter.
  6. Komet adalah benda langin berukuran kecil yang tersusun atas sejumlah partikel-partikel kecil bebatuan, kristal, es, dan gas.
  7. Meteor adalah benda angkasa yang bergerak cepat dengan lintasan yang tak beraturan.
  8. Besarnya energi matahari yang berasal dari reaksi fusi dapat dihitung dengan rumus: E = m ⋅ c2
  9. Spektrum matahari adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari.
  10. Batu-batuan di bumi dapat dikelompokkan menjadi batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
  11. Pelapukan adalah perubahan yang terjadi pada batuan akibat adanya kontak atau interaksi dengan atmosfer, hidrosfer, maupun biosfer.
  12. Pengaruh dari rotasi bumi adalah adanya pergantian siang dan malam, terjadinya gerak semu matahari, dan perbedaan waktu.
  13. Peristiwa yang merupakan pengaruh dari revolusi bumi adalah pergantian musim, perubahan lamanya siang dan malam, dan gerak semu matahari.
  14. Dampak negatif dari perkembangan teknologi terhadap lingkungan adalah kebocoran lapisan ozon, hujan asam, dan efek rumah kaca.
  15. Satu bulan sideris adalah waktu yang dilalui oleh bulan untuk berevolusi mengelilingi bumi, yaitu selama 27,33 hari perhitungan bumi.
  16. Satu bulan sinodis atau komariah adalah waktu yang diperlukan bulan untuk beredar dari keadaan bulan baru dan kembali ke keadaan bulan baru lagi, yaitu 29,5 hari.
  17. Gerhana bulan adalah situasi terhalangnya sinar matahari yang menuju bulan oleh bumi.
  18. Gerhana matahari adalah situasi terhalangnya sinar matahari menuju bumi oleh bulan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Rangkuman Materi Tata Surya

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar