Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Friday, May 9, 2014

Jelaskan Letak Relatif Indonesia secara Geografis!

Jelaskan Letak Relatif Indonesia secara Geografis! - Berdasarkan sifatnya, letak wilayah negara Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu letak absolut dan letak relatif.

Letak absolut disebut juga letak astronomis. Letak ini membawa pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Letak relatif disebut juga letak geografis yang diartikan sebagai letak suatu wilayah kaitannya dengan wilayah lain di muka bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Mengapa letak geografis Indoensia dikatakan berada pada posisi silang? Karena Indonesia terletak pada letak relatif yang berada pada posisi silang. Letak geografis Indonesia menempatkan Indonesia di posisi silang, sehingga Indonesia berada pada jalur transportasi perdagangan yang ramai. Bahkan sejak zaman dahulu, perairan Nusantara merupakan perairan yang ramai dilalui kapal-kapal dagang dari India, Eropa, dan Cina.

Apa dampak yang ditimbulkan atas posisi wilayah Indonesia yang berada pada posisi silang? Dampak dari posisi silang Indonesia ini menyebabkan:

  1. Indonesia kaya akan keragaman budaya dan suku bangsa.
  2. Selain itu, letak di antara dua benua dan dua samudra memengaruhi kondisi cuaca dan iklim.
  3. Benua dan samudra yang memiliki karakteristik iklim yang berlainan, secara periodik memengaruhi keadaan cuaca dan iklim di Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Jelaskan Letak Relatif Indonesia secara Geografis!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar