Bagaimana Perkembangan Ekonomi Sektor Perdagangan Indonesia - Perdagangan adalah suatu kegiatan jual beli (transaksi) barang dari produsen kepada konsumen. Berdasarkan luas jangkauan daerah pemasarannya, perdagangan dikelompokkan menjadi 4 kelompok yaitu perdagangan lokan, perdagangan regional, perdagangan nasional, dan perdagangan internasional.
Perdagangan Lokal
Perdagangan lokal adalah merupakan perdagangan yang berlangsung di sekitar kota atau daerah tempat penjual atau produsen bertempat tinggal, misalnya penjualan dalam satu kota atau dalam
satu eks karesidenan.
satu eks karesidenan.
Perdagangan Regional
Perdagangan regional adalah perdagangan yang terjadi antarwilayah, misalnya dari satu eks karesidenan ke wilayah eks karesidenan lain, atau dari satu provinsi ke provinsi lain.
Perdagangan Nasional
Perdagangan nasional adalah perdagangan yang terjadi antar-wilayah di dalam negeri dan meliputi seluruh wilayah negara yang bersangkutan. Jika wilayah negara tersebut berbentuk kepulauan (seperti Indonesia), maka akan terjadi perdagangan antar-pulau yang disebut dengan perdagangan intersuler.
Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional adalah perdagangan yang terjadi antar-bangsa di dunia. Dalam perdagangan internasional dikenal istilah ekspor dan impor.
Ekspor adalah kegiatan perdagangan dalam menjual barang ke luar negeri.
Impor adalah kegiatan perdagangan dalam membeli atau mendatangkan barang dari luar negeri.
Pusat-pusat perdagangan biasanya terdapat di kota-kota, baik di kota kecamatan, kota tingkat II, ibukota provinsi, hingga ibu kota negara, tergantung ruang lingkup pemasarannya. Dalam hal ini, pusat-pusat perdagangan merupakan daerah-daerah yang merupakan simpul komunikasi dan transportasi, baik darat, laut, maupun udara.
1 comments:
Thx..!!
Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar