Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Tuesday, September 9, 2014

Kutipan Pidato Sukarno Tanggal 1 Juni 1945 Mengandung Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kutipan Pidato Sukarno Tanggal 1 Juni 1945 yang Mengandung Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara - Saudara-saudaraku sekalian, kita telah bersidang tiga hari lamanya. Banyak pikiran yang telah dikemukakan, macam-macam. Tetapi alangkah benarnya perkataan Dr. Soekiman, perkataan Ki Bagus Hadikusuma, bahwa kita harus mencari persetujuan, mencari persetujuan faham. Kita bersama-sama mencari persetujuan dasar negara yang kita semua setuju. Saya katakan lagi setuju! Yang saudara Yamin (Muhammad Yamin) setuju, yang Ki Bagus setuju, yang saudara Abikusno setuju, yang saudara Liem Koen Hian setuju.

Demikian bunyi kutipan sebagian pidato Sukarno tanggal 1 Juni 1945 di hadapan sidang BPUPKI. Pidato tokoh proklamator ini memang mengakhiri sidang BPUPKI I. Dalam sidang tersebut semua peserta sidang telah mengajukan pandangan-pandangan dan usulannya mengenai dasar negara Indonesia.

Kutipan Pidato Sukarno Tanggal 1 Juni 1945 Mengandung Nilai Kebersamaan dalam Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Kita harus mencari persetujuan, mencari persetujuan faham. Kita bersamasama mencari persetujuan dasar negara yang kita semua setuju.

Inilah salah satu contoh nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila. Mereka para tokoh itu
duduk bersama-sama di meja persidangan, mengemukakan usulan, pendapat, maupun pandangan, dengan kesamaan tujuan, mencari kesepakatan tentang dasar negara. Tentu saja ada perbedaan-perbedaan pandangan di antara mereka mengenai rumusan dasar-dasar negara itu. Namun karena kesepahaman mereka, nilai-nilai kebersamaan dalam pikiran para tokoh-tokoh itu lebih diutamakan.

Semua rintangan dan kendala dapat mereka lewati. Proses perjalanan nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara sangat panjang dan mengandung nilai sejarah yang sangat tinggi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar