Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Sunday, October 12, 2014

Jelaskan Jasa Bung Hatta dalam Proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Jelaskan Jasa Bung Hatta dalam Proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! - Ir. Soekarno dan Brs. Muhammad Hatta adalah dua orang proklamator Indonesia. Nama mereka tertera pada bagian bawah teks proklamasi. Karena itu kedua tokoh tersebut sering disebut sebagai dwitunggal. Apa arti dari Dwi Tunggal itu? Dwitunggal artinya dua orang tetapi satu. Maksudnya kedua tokoh ini tidak dapat dipisahkan peran perjuangannya bagi pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu dari tokoh Dwi Tunggal adalah Bung Hatta.

Bung Hatta juga sebagai pejuang serta pecinta tanah air sejati. Lahir di Bukittinggi (Sumatra Barat) pada tanggal 12 Agustus 1902. Selain sebagai pejuang tulen dalam menentang penjajahan, beliau sebagai tokoh terpelajar dan ahli dalam bidang ekonomi. Keahliannya dalam bidang ekonomi, kelak ia dikenal sebagai Bapak Koperasi. Sebagai seorang terpelajar, hal tersebut bisa disimak dari perjalanan pendidikannya. Antara lain beliau menempuh pendidikan ELS (SD zaman Belanda), MULO (setingkat SMP), Prins Hendrik Schools (sekolah dagang zaman Belanda), dan akhirnya melanjutkan pendidikan ke Handels Hogescool (sekolah tinggi perdagangan di negeri Belanda).

Jelaskan Jasa Bung Hatta dalam Proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Waktu bersekolah di negeri Belanda, Bung Hatta mendirikan organisasi Perhimpunan Indonesia (Indische Partiej) yang mencita-citakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Dengan demikian beliau memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari luar negeri. Dalam kaitannya dengan proses perumusan Pancasila, beliau menjadi wakil ketua Panitia Sembilan. Beliau juga yang memprakarsai perubahan sila pertama rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta (baca kembali peristiwa sore hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945).

Terakhir, menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia, Bung Hatta diminta oleh tokoh-tokoh pejuang untuk mewakili bangsa Indonesia (bersama Bung Karno) untuk memproklamirkan kemerdekaan negara Indonesia. Beliau juga tercatat sebagai wakil presiden pertama negara Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Jelaskan Jasa Bung Hatta dalam Proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar