Tugas Sekolah, Artikel Pendidikan, Mata Pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, Bahasa Inggris, IPS, Sejarah, Geografi, Penjaskes, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Inggris, Tata Boga, PR Pekerjaan Rumah, LKS Lembar Kerja Siswa

Thursday, January 22, 2015

Sebutkan Faktor yang Menentukan Besarnya Konsumsi Seseorang!

Tugas Sekolah SD SMP SMA SMK - Sebutkan Faktor yang Menentukan Besarnya Konsumsi Seseorang! - Faktor apa saja yang menentukan besar kecilnya konsumsi seseorang? Berikan contoh kegiatan konsumsi dalam kegiatan sehari-hari!

Konsumsi bisa berupa barang maupun jasa. Berikut ini contoh kegiatan konsumsi jasa, namun sebelum, pilihlah dari tiga kegiatan berikut mana yang termasuk kegiatan konsumsi:
1. Tono mengangkut pasir dari sungai ke material.
2. Rochmad menonton film di bioskop
3. Pak Jono menggunakan pupuk kandang pada kebun jagungnya.

Yang merupakan kegiatan konsumsi dari 3 contoh di atas adalah pernyataan nomor 2 tentang menonton film, karena itu merupakan konsumsi jasa.
 
Agar dapat melakukan konsumsi seseorang harus mempunyai barang atau jasa untuk dikonsumsi yang dapat diperoleh dengan menggunakan alat tukar berupa uang.

Banyaknya barang yang dikonsumsi tergantung banyaknya barang yang tersedia di masyarakat serta harga barang tersebut. Oleh karena itu, besarnya konsumsi seseorang akan dipengaruhi faktor-faktor sebagai berikut:
  1. kemampuan masyarakat dalam menyediakan barang-barang konsumsi,
  2. besarnya penghasilan, khususnya yang tersedia untuk dibelanjakan, dan
  3. tingkat harga barang-barang.
Di samping ketiga faktor tersebut, besarnya konsumsi seseorang juga dipengaruhi oleh selera dan intensitas kebutuhannya terhadap barang yang bersangkutan serta adanya barang substitusi.

Semakin tinggi selera dan intensitas kebutuhannya, akan cenderung semakin besar jumlah konsumsinya.

Sedangkan semakin banyak jumlah dan jenisnya barang substitusi akan menyebabkan semakin berkurangnya jumlah konsumsi barang yang disubstitusi.

Besarnya konsumsi masyarakat (tingkat konsumsi masyarakat) mencerminkan tingkat kemakmuran masyarakat tersebut, artinya makin tinggi tingkat konsumsi masyarakat, berarti makin tinggi pula tingkat kemakmurannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Orang desa yang ingin berbagi informasi, misalnya pemanfaatan pekarangan untuk menanam warung hidup secara organik

Related : Sebutkan Faktor yang Menentukan Besarnya Konsumsi Seseorang!

Terima kasih sudah membaca blog tugas sekolah SD SMP SMA SMK, silahkan tinggalkan komentar